Lakukan 4 Amalan Malam Nisfu Syaban Ini, Ikhtiar Menghapus Dosa di Masa Lampau Agar Diampuni

Lakukan 4 Amalan Malam Nisfu Syaban Ini, Ikhtiar Menghapus Dosa di Masa Lampau Agar Diampuni

Lakukan 4 Amalan Malam Nisfu Syaban Ini, Insyaalah Semua Dosa di Masa Lampau Bisa Terampuni--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Sebagai umat muslim, malam ini, Sabtu 24 Februari 2024 adalah malam Nisfu Syaban. Menyambut malam berkah menjelang Ramadhan tersebut, berikut 4 amalan malam Nisfu Syaban yang bisa Anda kerjakan.

Adapun malam Nisfu Syaban merupakan malam yang banyak dinantikan oleh umat islam. Amalan malam Nisfu Syaban sendiri merupakan ibadah yang bisa dikerjakan untuk menambah pahala sekaligus sebagai upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Amalan malam Nisfu Syaban ini juga menjadi ikhtiar untuk menghapus dosa di masa lampau menjelang Ramadhan. Karena banyak disarankan, tidak ada salahnya untuk mengerjakan amalan baik ini.

Nah, agar bulan Syaban Anda semakin berkah, Anda bisa mengerjakan 4 amalan malam Nisfu Syaban yang memiliki keutamaan luar biasa baik. Berikut penjelasan amalan-amanalannya yang bisa dilakukan malam ini.

BACA JUGA: Amalan Malam Nisfu Syaban Penghapus Dosa, Catat Tanggalnya Agar Tak Ketinggalan Momen

4 Amalan Nisfu Syaban yang baik untuk dikerjakan malam ini

Mengutip dari beberapa sumber, beberapa amalan Nisfu Syaban ini bisa dikerjakan selain mengerjakan amalan yang utama yakni berpuasa.

1. Salat Sunnah

Amanal pertama yang dapat dilakukan selain berpuasa pada malam Nisfu Syaban adalah melakukan Salat sunnah. Beberapa sholat sunnah seperti Salat Hajat, Salat Taubat, dan Salat Tasbih sangat dianjutkan dikerjakan ketika malam itu. 

Ulama Abdulah Manan Bin Hj Muhammad Sobari menganjurkan untuk melaksanakan Salat Maghrib berjamaah pada tanggal 14 Syaban. Adapun salat bisa dilaksanakan di masjid dan dilanjutkan dengan membaca dzikir wirid pendek.

2. Memanjatkan doa

Amalan malam Nisfu Syaban lain yang bisa dikerjakan adalah memanjatkan doa-doa sebanyak mungkin. Adapun dengan memanjatkan doa-doa Anda bisa mendekatkan diri dengan yang maha pencipta.

BACA JUGA: Ringan Dilakukan, Ini Amalan Bulan Syaban yang Bisa Hapus Dosa dan Datangkan Rizki Berlimpah

Nah, untuk doa yang bisa dipanjatkan Anda bisa membaca doa meminta keselamatan. Berikut bacaannya:

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا ياَ كَرِيْمُ.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ.

Sumber: