5 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jadikan Ibadah Khusuk dan Hati Tenang

5 Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Jadikan Ibadah Khusuk dan Hati Tenang

Ilustrasi persiapan menyambut bulan suci Ramadhan--

RADAR TEGAL - Sejumlah persiapan mungkin perlu kita lakukan untuk menyambut bulan Suci Ramadhan yang akan datang tidak lama lagi. Sehingga, nantinya perjalanan ibadah puasa kita lancar hingga akhir nanti.

Persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, tidak melulu terkait dengan materi. Namun, juga terkait dengan persiapan mental dan spiritual.

Dengan melakukan persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, kita akan lebih siap dalam menjalankan ibadah. Sehingga, bisa memperoleh keutamaan bulan Ramadhan.

Adapun untuk persiapan menyambut bulan suci Ramadhan bisa dilakukan dengan cara sederhana. Agar tidak memberatkan Anda dalam menjalankannya.

BACA JUGA: Persiapan Ramadhan, 7 Daftar Menu Buka Puasa yang Sehat dan Cegah Diabetes

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan mempunyai keutamaan yang cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah seperti disebutkan di bawah ini.

1. Puasa

Keutamaan bulan Ramadhan tidak lepas dari adanya perintah menjalankan Puasa selama satu bulan penuh. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 183, yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

Kunci pelaksanaan ibadah puasa adalah menjadi manusia yang bertaqwa. Taqwa yakni bersungguh-sungguh dalam menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Berpuasa di bulan Ramadhan ternyata juga memiliki manfaat secara kesehatan. Di antaranya adalah mengatur pola makan, sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

BACA JUGA: Persiapan Ramadhan, Ini Daftar Pinjaman Online Tanpa DC Lapangan Terbaru 2024, Cocok Buat yang Pernah Trauma

Selain itu, masih banyak lagi manfaat kesehatan lainnya yang diperoleh dalam berpuasa. Namun, ini adalah sebagai bonus, niat utama adalah ikhlas karena Allah SWT

2. Bulan Alquran

Sumber: