5 Cara Mengatasi AC Mati Hidup Sendiri, Salah Satunya Cek Tekanan Freonnya

5 Cara Mengatasi AC Mati Hidup Sendiri, Salah Satunya Cek Tekanan Freonnya

Cara Mengatasi AC Mati Hidup Sendiri--

RADAR TEGAL – Bagi beberapa orang pasti pernah mengalami AC mati hidup sendiri bukan? Berikut ini terdapat beberapa cara mengatasi AC mati hidup sendiri yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa mengundang tukang servis AC.

Masalah AC mati hidup sendiri ini memang sangat menjengkelkan karena kemampuan AC mendinginkan ruangan jadi terganggu. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi AC mati hidup sendiri sebagai berikut.

Dengan mengetahui cara mengatasi AC mati hidup sendiri, harapannya masalah tersebut tidak menjadi kendala karena Anda sudah bisa mengatasinya. Lalu apa saja caranya?

Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di dalamnya akan mengulas cara mengatasi AC mati hidup sendiri. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Tips Memilih AC yang Hemat Listrik supaya Tagihan Listrik di Rumah Nggak Mencekik

Cara mengatasi AC mati hidup sendiri

1. Cermati Pengaturan Timer pada Remote AC

Tahukah Anda bahwa cara mudah untuk mengatasi AC mati hidup sendir yakni dengan mencermati pengaturan timer pada remote AC. Apabila Anda tidak ingin menggunakan timer, maka cepatlah untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Sebaliknya, Anda bisa membuat pengaturan baru berdasarkan waktu yang Anda inginkan agar AC bisa mati dan hidup secara otomatis pada momen yang tepat.

2. Mengamati Tombol Power pada Unit Indoor AC

Gangguan AC yang terkesan berat belum tentu disebabkan oleh kerusakan AC yang parah. Apabila AC Anda mati hidup sendiri, bisa saja hal tersebut disebabkan oleh tombol power terjepit penutup unit indoor.

Oleh karena itu, cobalah untuk mencermati posisi tombol power apabila AC menunjukkan gejala mati hidup sendiri secara acak. Apabila tombol tersebut memang terjepit penutup indoor, maka Anda hanya perlu memperbaiki posisi penutup  supaya fungsi  AC kembali normal.

BACA JUGA: Cara Membuat AC Portable Lebih Dingin, Nomor Dua Banyak Sekali Orang Keliru Mengaplikasikannya

3. Mengecek Tekanan Freon pada AC

Cara mengatasi AC mati hidup sendiri berikutnya yakni jangan lupa untuk megecek tekanan freon pada AC. Sebab, freon bisa Anda ibaratkan sebagai nyawanya AC.

Jadi, apabila tekanan freon AC berkurang maka berisiko menyebabkan AC mati hidup sendiri. Sehingga, Anda harus memeriksa tekanan freon ketika maslaah tersebut terjadi pada AC Anda.

Usahakan juga untuk segera mengisi freon apabila tekanan mulai berkurang. Adapun tekanan freon yang sesuai standar akan membuat AC dingin maksimal dan terbebas dari kendala mati hidup sendiri.

4. Memeriksa Komponen AC yang Berisiko Rusak

Ketika AC mati hidup sendiri setelah dicuci, pertanda Anda harus memeriksa komponen yang berhubungan dengan gangguan tersebut. Oleh karena itu, cobalah untuk mengecek kondisi thermistor, modul PCB, dan kondensor secara teliti.

BACA JUGA: 4 Penyebab AC Baru Beli Tidak Dingin yang Mesti Anda Ketahui, Nomer 3 Banyak yang Nggak Paham

Diketahui, kerusakan sekecil apapun harus segera diatasi dengan cara memperbaiki atau mengganti komponen yang bermasalah supaya AC kembali normal.

5. Membersihkan AC Secara Rutin

Tahukah Anda bahwa kerusakan AC yang terbilang agak parah ternyata dapat dipicu hal kecil, misalnya AC jarang dibersihkan. Kotoran yang menumpuk pada kondensor dan komponen AC lainnya membuat risiko kerusakan semakin besar.

Oleh karena itu, Anda patut meluangkan waktu untuk membersihkan AC secara rutin. Idealnya, AC dicuci setiap tiga bulan sekali sehingga kebersihan setiap komponennya terjaga dengan baik.

Selain proses cuci seperti biasa, Anda juga bisa menjadwalkan cuci besar satu kali dalam setahun. Berbeda dengan proses cuci biasa, cuci besar dilakukan secara lebih teliti karena unit indoor turut dibongkar pasang.

BACA JUGA: Cari Tahu Mode-mode AC dan Fungsinya, Biar Nggak Salah Pencet

Dengan demikian, komponen indoor AC bisa dicuci secara menyeluruh agar kotorannya terangkat sempurna.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi AC mati hidup sendiri. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: