Cara Memasang AC Baru Supaya Bisa Hemat Ratusan Ribu, Perhatikan Hal Berikut!

Cara Memasang AC Baru Supaya Bisa Hemat Ratusan Ribu, Perhatikan Hal Berikut!

Cara Memasang AC Baru Supaya Bisa Hemat Ratusan Ribu.--

Radartegal.id – Bagi Anda pengguna AC baru yang ingin mengetahui bagaimana cara memasang AC baru wajib menyimak tulisan ini. Karena di sini akan ada penjelasan mengenai hal itu.

Bagi pengguna baru, cara memasang AC baru ini bisa menjadi hal yang sedikit sulit. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini semoga bisa mengatasi kesulitan Anda.

Cara memasang AC baru supaya bisa hemat ratusan ribu

Untuk pemasangan AC sendiri tanpa menggunakan jasa orang lain, tentu akan lebih hemat. Dibandingkan Anda menggunakan jasa pasang AC yang dapat mengeluarkan banyak dana.

Untuk biaya pemasangan AC ini juga sangat bervariasi mulai dari Rp200 ribuan. Lumayan mahal bukan? Oleh karena itu, untuk  dapat menghemat  biaya Anda perlu mengetahui bagaimana cara memasang AC baru.

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan AC Changhong 1/2 PK, Murah Meriah Tapi Dinginnya Boros Listrik

BACA JUGA: Bikin Sumpek! Ini Penyebab AC Mengalami Kebocoran, Perbaiki Segera Sebelum Kerusakan Semakin Parah

1. Posisi unit indoor AC 

Cara memasang AC baru supaya bisa hemat ratusan ribu yang pertama yakni posisi unit indoor Acharus terletak minimal 15 cm dari atap atau pun plafon, ya. Bukan tanpa alasan, karena berfungsi supaya sirkulasi udara  dapat lebih baik.

Mengapa demikian? Karena udara yang  ditiupkan oleh  unit indoor Axini dihisap dari bagian atas dan depan indoor AC. sehingga, apabila bagian atas tertutup,maka atap atau plafon akan sangat mengurangi kualitas pendinginan.

Kemudian, ada pun hal yang perlu Anda perhatikan dari pemasangan unit indoor AC yakni barang yang terletak di bawahnya. Artinya, jangan sampai Anda memasang unit indoor AC yang di bawahnya banyak atau terdapat sumber listrik, alat elektronik, komputer, dan alat-alat lainnya yang tidak boleh terkena air.

Hal tersebut bertujuan untuk antisipasi apabila indoor AC dalam kondisi kotor dan air akan menetes ke bawah. Ada baiknya juga, sebisa mungkin Anda hindari mengarahkan hembusan udara dingin langsung ke bagian tubuh karena  kurang baik untuk pernapasan Anda.

BACA JUGA: 4 Nilai Plus AC LG H05TN4, Kinerjanya Lebih Efiesien Mendinginkan Ruangan dengan Cepat

BACA JUGA: Pilihan Tipe AC yang Tepat untuk Kenyamanan di Rumah dan Tempat Kos

2. Posisi unit outdoor AC

Langkah memasang AC baru selanjutnya yakni perhatikan peletakkan outdoor AC yang  akan menentukan keawetan AC Anda. Karena, sebagian besar mesin AC ruangan terletak pada unit outdoor AC.

Oleh karena itu, pastikan pamasangan outdoor Acharus  lebih rendah, ya. Minimal 30 cm antara nepel (sambungan pipa) indoor  dan outdoor.

Hal tersebut bertujuan supaya oli mesin selalu kembali  keunit outdoor karena oli kompresor akan ikut berirkulasi  bersama dengan refrigran. Jadi, apabila outdoor AC lebih tinggi, maka oli kompresor dalam 1 hingga 2 tahun akan berpindah ke indoor AC dan tidak dapat kembali ke outdoor AC.

Diketahui, oli yang berada  di indoor AC akan menghalangi pengisapan hawa panas dan menyebabkan kompresor kekurangan oli. Sehingga, lama kelamaan akan menyebabkan kompresor rusak.

BACA JUGA: Viral di TikTok, AC Daikin R450 Punya Kualitas Super Dingin dengan Harga yang Terjangkau

BACA JUGA: 5 Merk AC Terbaik 1/2 PK 2024 Hemat Listrik, Fitur Breeze Airflow Ciptakan Angin Sejuk Seperti Pegunungan

3. Jalur pembuangan air

Cara memasang AC baru supaya dapat hemat ratusan ribu selanjutnya yakni dengan memperhatikan jalur pembuangan air. Apabila jalir pembuangan air ini  tidak benar, maka air akan menetes dari indoor AC dan membuat Anda tidak nyamana.

4. Perhatikan pipa penghubung outdoor-indoor AC

Tahukah Anda bahwa pemasangan pipa penghubung outdoor-indoor AC juga  perlu Anda perhatikan, lho. Karena jika pipa sampai bengkok, akan mengganggu sirkulasi  refrigran.

Ada pun panjang pipa penghubung yang paling baik yakni antara tiga hingga enam meter. Jika terdapat kemungkinan, maka Anda dapat menambahkan 9 hingga  12 meter (tergantung padadaya AC ruangan, ya).

Perlu Anda ingat bahwa apabila kurang dari tiga meter. Maka sebaiknya pipa penghubung digulung di belakang outdoor sehingga dapat mencapai panjang tiga meter. Demikian ulasan mengenai cara memasang AC baru. Semoga bermanfaat.

Sumber: