Tips Memilih AC yang Hemat Listrik supaya Tagihan Listrik di Rumah Nggak Mencekik

Tips Memilih AC yang Hemat Listrik supaya Tagihan Listrik di Rumah Nggak Mencekik

Tips Memilih AC yang Hemat Listrik--

RADAR TEGAL – Bagi Anda yang berencana membeli pendingin yang ramah tagihan PLN? Jawabannya ada pada tips memilih AC yang hemat listrik berikut ini.

Pendingin ruangan kini banyak diperlukan baik untuk di rumah ataupun di kantor untuk menjaga suhu udara supaya tetap segar dan sehat. Karenanya penting mengetahui tips memilih AC yang hemat listrik agar tagihan bulanan tak bikin kantong kritis.

Dengan mengetahui tips memilih AC  yang hemat listrik, maka Anda tidak akan terlalu pusing untuk memikirkan tagihan listrik. Karena dijamin tagihan listrik Anda tak akan boros lagi.

Buat yang penasaran, langsung saja simak tips memilih AC Hemat Listrik berikut ini. Jangan sampai salah pilih yah?

BACA JUGA: Solusi Gerah di Musim Kemarau, Ini 5 Merk AC Portable Hemat Listrik dan Cepat Dingin

Tips Memilih AC yang Hemat Listrik

1. Perhatikan tipe-tipe  AC

Tips memilih AC yang pertama yakni dengan memperhatikan tipe AC yang akan Anda beli. Usahakan Anda memilih AC yang memiliki low watt AC inverter.

Sebab, jenis AC ini diklaim memiliki keunggulan lebih hemat listrik dan penggunaan watt relatif rendah.

Dengan AC inverter juga penggunaan daya lebih stabil ketika dalam kondisi suhu yang Anda inginkan, kinerja AC akan tetap maksimal dan tetap hemat listrik.

Terdapat juga jenis AC lainnya seperti AC low watt dan AC standar. Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya, low watt hampir sama dengan tipe standar.

Hanya saja penggunaan daya pada kompresornya lebih rendah sehigga hemat energi dan cocok untuk hunian yang memiliki daya listrik rendah.

BACA JUGA: 6 AC Murah Terbaik Tahun 2023 Mesinnya Awet dan Cepat Dingin, Cocok Saat Cuaca Panas Saat Ini

2. Hitung daya listrik di rumah

Tips memilih AC hemat listrik berikutnya yakni Anda perlu menghitung daya listrik di rumah. Hal ini karena, AC membutuhkan konsumsi energi listrik yang cukup tinggi.

Jadi, pastikan daya listrik  di  rumah Anda cukup untuk digunakan, ya. Umumnya, PLN menyediakan bebereapa pilihan daya listrik untuk konsumsi rumah tangga yakni mulai dari golongan 900 VA hingga 3300 VA.

Nah, apabila Anda ingin mendapatkan energi yang lebih hemat listrik secara optimal. Maka Anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan barang elektronik secara bergantian.

Misalnya saja, apabila AC di rumah menyala, maka kurangi penggunaan elektronik lainnya, ya.

BACA JUGA: 4 Perbedaan AC Split dan Inverter, Mana yang Lebih Mahal?

3. Perhatikan kapasitas AC sesuai ukuran ruangan atau tidak

Untuk bisa menghitung kebutuhan setiap ruangan, maka Anda juga perlu mengetahui PK atau ukuran kapasitas AC supaya bisa mengetahui kemmpuan AC tersebut.

Adapun kapasitas AC ini terdiri  dari beberapa jenis mulai dari ½ PK. ¾ PK, hingga 2 PK. Untuk menghitung kebutuhan ruang untuk AC sert kapasitasnya sendiri cukup mudah, lho.

Terdapat rumus mengitung kapasitas kebutuhan AC setiap  ruangan yakni panjang x lebar x 500 btu/h. Berikut selengkapnya.

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

BACA JUGA: Cara Membuat AC Portable Lebih Dingin, Nomor Dua Banyak Sekali Orang Keliru Mengaplikasikannya

Melalui ukuran tersebut, bisa digambarkan bahwa apabila Anda memiliki ruangan atau kamar dengan ukuran dibawah 10 m2 maka AC yang cocok untuk Anda gunakan berkapasitas ½ PK.

Dengan Anda mengetahui ukuran ruangan dan kapasitas AC, maka Anda akan menemukan AC hemat energi yang sesuai dengan kebutuhan untuk mendinginkan ruangan.

4. AC dengan fitur terbaik

Tips berikutnya yakni ketika Anda membeli AC maka pilihlah dengan fitur terbaik, ya. Misalnya, bahan yang digunakan AC tersebut.

Biasanya, AC terbaik dilengkapi dengan Blue Fin dan pure Copper pada evaporator dan kondensor.

BACA JUGA: Perbandingan AC Portable dengan AC Dinding, Mana yang Lebih Hemat Listrik?

Fitur blue fin tersebut mampu meningkatkan efektivitas pendinginana AC hingga 25%.

Selain itu, kinerja pendinginana juga akan semkain meningkat sekitar 3 persen, apabila Anda bandingkan dengan bahan yang tidak menggunakan lapisan blue  fin.

Keunggulan dari blue fin lainnya yakni mampu mencegah kerusakan terutama dari korosi dan karat.

Demikian ulasan mengenai tips memilih AC yang hemat listrik. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: