5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kondensor AC Cepat Rusak, Segera Hindari Sebelum Jadi Fatal dan Rusak Permanen

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kondensor AC Cepat Rusak, Segera Hindari Sebelum Jadi Fatal dan Rusak Permanen

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kondensor AC Cepat Rusak, Segera Hindari Sebelum Jadi Fatal dan Rusak Permanen--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Tanpa disadari, rupanya 5 kebiasaan buruk ini bisa membuat kondensor AC cepat rusak walaupun baru saja diservice. Berikut pembahasan selengkapnya bisa Anda simak melalui artikel di bawah ini.

Kondensor AC cepat rusak, umumnya dapat disesbabkan oleh beberapa hal. Namun yang paling umum adalah penyebab kondensor AC bisa rusak kerana kebiasaan pengguna AC yang buruk dalam merawat AC.

Adapun kondensor merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam AC yang befungsi untuk membuang panas dari sistem pendingin. Jika kondensor AC cepat rusak, maka  akan menyebabkan beberapa masalah yang cukup serius.

Selain itu, kondensor AC cepat rusak juga akan berimbas pada menurunnya performa AC, dan kerusakan bertahap pada komponen lain. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, segera hilangkan 5 kebiasaan buruk ini.

BACA JUGA:Pantas AC Gak Dingin Padahal Baru Service Ternyata 5 Kebiasan Ini yang Bikin Freon AC Cepat Habis

Kebiasaan buruk yang membuat kondensor AC mudah/cepat rusak

Mengutip dari beberapa sumber, ada 5 kebiasaan pengguna AC yang membuat kondensornya cepat rusak, antara lain:

1. Jarang Membersihkan Kondensor

Jarang membersihkan kondensor, akan menyebabakan debu dan kotoran menyumbat pada aliran udara AC. Akibatnya kondensor bekerja lebih keras dan panasnya ridak dapat dilepaskan dengan baik. 

Selain itu, AC juga tidak akan bisa mendinginkan ruangan secara optimal dan menyebabkan ruangan terasa panas. Terlebih, kondensor yang kotor dan tersumbat juga dapat menyebabkan kompresor AC bekerja lebih keras dan freon cepat habis.

2. Kurangnya Sirkulasi Udara

Agar kondensor AC bisa bekerja secara optimal dan jauh dari maslah, di perlukan sirkulasi udara yang baik. Sirkulasi udara yang baik membantu mendinginkan kondensor dengan cara membawa udara panas keluar dari kondensor.

BACA JUGA:Cuaca di Tegal Sedang Panas-panasnya, Ini 6 Rekomendasi AC Portable Terbaik yang Bisa Usir Hawa Gerah

Jika kondensor ditempatkan di tempat yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, kondensor akan bekerja lebih keras dan cepat rusak. Hal ini disebabkan karena kondensor tidak dapat mendinginkan freon dengan baik.

Sumber: