Jenis-Jenis Freon AC dan Kegunaannya, Pengguna Baru Jarang Yang Tahu Nih!

Jenis-Jenis Freon AC dan Kegunaannya, Pengguna Baru Jarang Yang Tahu Nih!

Berikut adalah salah satu jenis freon AC yang biasanya digunakan pada ruangan.-(Foto Pinterest)----

radartegal.id - Berbicara tentang AC, ada satu komponen penting yang wajib kamu ketahui, yaitu freon. Freon adalah zat pendingin yang berperan dalam menghasilkan udara dingin di AC.

Tapi, tahukah kamu bahwa ada berbagai jenis freon AC dengan kegunaan dan karakteristik yang berbeda-beda? Jangan khawatir, artikel ini akan memandu kamu menjelajahi dunia freon AC. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Jenis-jenis Freon AC dan Kegunaannya

Freon R-22 (HCFC-22)

Freon klasik yang dulu banyak digunakan di AC rumah tangga. Kelebihannya adalah murah dan mudah ditemukan. Tapi, freon ini memiliki GWP (Global Warming Potential) yang tinggi, artinya berpotensi merusak lapisan ozon. Oleh karena itu, penggunaan freon R-22 mulai dibatasi dan akan dilarang di Indonesia mulai tahun 2030.

Freon R-32 (HFC-32)

Freon generasi baru yang lebih ramah lingkungan dibandingkan R-22. Freon ini memiliki GWP yang lebih rendah dan lebih hemat energi. Cocok untuk AC rumah tangga dan komersial. Kekurangannya adalah harganya yang sedikit lebih mahal dibandingkan R-22.

BACA JUGA: AC Berisik Bikin Tidur Tak Nyenyak? Jangan panik! Kenali Penyebab AC Bunyi Bising di Sini

BACA JUGA: 5 Cara Menghentikan Getaran Pada AC, Perhatikan Sebelum Terganggu Suara Bisingnya

Freon R-410A (HFC-410A)

Freon campuran yang terdiri dari R-32 dan R-125. Freon ini memiliki GWP yang lebih rendah dan lebih hemat energi dibandingkan R-22. Cocok untuk AC split dan chiller. Kekurangannya adalah harganya yang relatif mahal dan membutuhkan teknisi AC yang berpengalaman untuk memasangnya.

Sumber: