Pantas AC Gak Dingin Padahal Baru Service Ternyata 5 Kebiasan Ini yang Bikin Freon AC Cepat Habis

Pantas AC Gak Dingin Padahal Baru Service Ternyata 5 Kebiasan Ini yang Bikin Freon AC Cepat Habis

Pantas AC Gak Dingin Padahal Baru Service Ternyata 5 Kebiasan Ini yang Bikin Freon AC Cepat Habis--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Walaupun terlihat sepele dan remeh, 5 kebiasan inilah yang menjadikan Freon AC cepat habis. Jika tidak dihentikan akan menimbulkan sejumlah masalah yang cukup serius.

Freon AC cepat habis, merupakan masalah yang sering kali dialami oleh beberapa pengguna AC. Adapun Freon AC merupakan komponen yang sangat penting dalam AC yang berfungsi untuk membantu AC dalam mendinginkan ruangan. 

Freon AC cepat habis sendiri dapat terjadi karena beberapa hal. Umumnya, tanda-tanda freon pada AC habis adalah performa AC yang menurun. Artinya AC tidak lagi bisa mendinginkan ruangan karena kuranganya Freon.

Nah, tanpa disadari ternyata penyebeab freon AC cepat habis rupanya sangat sepele. Bahkan, kebiasan-kebiasasan tersebut seringkali dilakukan oleh para pengguna AC tanpa mengetahui dampaknya begitu besar.

BACA JUGA:Cuaca di Tegal Sedang Panas-panasnya, Ini 6 Rekomendasi AC Portable Terbaik yang Bisa Usir Hawa Gerah

5 penyebab Freon pada AC cepat habis

Nah agar tidak terjadi lagi kesalahan yang sama, berikut adalah 5 kebiasaan yang menyebabkan freon AC Anda cepat habis.

1. Jarang Melakukan Service

Service AC secar berkala minimal 6 bulan sekali, merupakan langkah perawatan AC yang sangat penting dilakukan. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan bertujuan untuk menjaga performa, kondisi AC agar tetap optimal.

Selain itu, service AC juga dilakukan untuk memastikan kondisi freon masih dalam kondisi yang baik. Jika Freon sudah habis atau perlu diganti, petugas AC bisa menggantinya/mengisinya dengan yang baru.

2. Kebocoran pada Sistem AC

Kebocoran pada sistem AC juga merupakan penyebab utama Freon AC cepat habis. Hal ini bisa terjadi di berbagai bagian, seperti evaporator, kondensor, pipa saluran freon, hingga sambungan antara komponen.

BACA JUGA:8 AC Mini Portable Minimalis yang Cocok Banget untuk Kamar Gerah dan Sempit, Harga Mulai 300 Ribuan Abangkuh!

Beberapa tanda-tanda yang menunjukan adanya kebocoran pada sistem AC antara lain:

  • AC menjadi tidak dingin
  • Munculnya embun beku pada evaporator
  • Terdengar suara mendesis dari AC
  • Tekanan freon menjadi sangat rendah
  • Oli kompresos AC berbusa

Sumber: