Telan Anggaran Rp 130 Juta, Pembangunan Mushola SDN Kendalserut 03 Selesai dalam Waktu 1,5 Bulan

Telan Anggaran Rp 130 Juta, Pembangunan Mushola SDN Kendalserut 03 Selesai dalam Waktu 1,5 Bulan

SALAT - Sejumlah siswa salat dzuhur berjamaah di Musala Al Falah SDN Kendalserut 03 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal.--

RADAR TEGAL - Dalam kurun waktu 1,5 bulan, pembangunan Mushola Al Falah di lingkungan SDN Kendalserut 03 Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal akhirnya rampung. Selama pembangunan, menelan anggaran sebesar Rp130 juta.

Kepala SDN Kendalserut 03 Kabupaten Tegal, Priyatin mengatakan pembangunan mushola yang berdiri di atas tanah 10x11 meter itu diawali dengan menggelar selamatan. Kegiatan dilaksanakan di lingkungan sekolah pada 20 Agustus 2022 lalu.

"Saat selamatan pembangunan Mushola di SDN Kendalserut 03 Kabupaten Tegal itu, sekolah menghadirkan tokoh masyarakat, tokoh agama. Serta sejumlah wali murid,"katanya.

Menurut Priyatin, pembangunan Mushola SDN Kendalserut 03 Kabupaten Tegal itu, menelan anggaran sebesar Rp 130 juta. Anggaran itu, berasal dari warga sekolah, Komite, orangtua siswa, alumni, Tomas, Toga, simpatisan dan dari orang- orang yang peduli.

BACA JUGA: Trabas Kamtibmas di Desa Kejene, Polres Pemalang Kampanyekan Pemilu Damai dan Bantu Pembangunan Mushola

"Pembangunan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan. Dengan anggaran total sekitar Rp 130 juta," kata, Sabtu 13 Januari 2024.

Priyatin mengungkapkan, mushala Al Falah yang artinya kebaikan itu diresmikan dengan menggelar pemotongan nasi tumpeng. Jumlahnya mencapai sebanyak 60 buah.

"Mushola SDN 03 Kendalserut Kabupaten Tegal itu setiap hari selalu digunakan untuk salat 5 waktu. Serta kegiatan islam para siswa serta masyarakat umum di lingkungan sekolah,"katanya.

Adapun kapasitas Mushola tersebut, kata Priyatin, mampu menampung sekitar 80 jamaah. Selain untuk salat, juga digunakan untuk acara pengajian oleh paguyuban orangtua siswa.

BACA JUGA: Meriah, Karnaval Anniversary SDN Kendalserut 03 Kabupaten Tegal

"Mushola ini juga digunakan untuk (pengajian) kliwonan atau tumpengan oleh masyarakat. Setiap tahun juga untuk pengajian ketika Anniversary," ujarnya.

Priyatin berharap, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam kurikulum merdeka di SDN Kendalserut 03 berjalan sukses. Untuk siswa dan para guru diharapkan semakin beriman serta bertakwa kepada Tuhan yang maha esa. 

"Termasuk untuk masyarakat di lingkungan sekolah. Jumlah anak didik kami sebanyak 135 siswa dan jumlah guru 8 orang. Kemudian 1 kepala sekolah, 1 pustakawan dan 1 orang penjaga sekolah,"pungkasnya. 

Demikian informasi terkait pembangunan Mushola SDN Kendalserut 03 Kabupaten Tegal. Pembangunan menelan anggaran Rp130 juta yang berasal dari sumbangan masyarakat. (*)

Sumber: