121 Produk Sumber Dana Israel Mulai dari Makanan, Minuman, hingga Popok dan Pembalut

121 Produk Sumber Dana Israel Mulai dari Makanan, Minuman, hingga Popok dan Pembalut

Sedikitnya 121 produk sumber dana Israel saat ini banyak dijumpai di pasaran Tanah Air.--

RADAR TEGAL- Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi mengeluarkan daftar 121 produk sumber dana Israel. Daftar itu keluar bersamaan dengan terbitnya fatwa haram memberi dukungan pada Israel, 

Umat Islam di Tanah Air diimbau MUI untuk mendukung perjuangan Palestina. Di antaranya dengan tidak membeli produk-produk yang bersumber dana dari Israel.

MUI juga meminta umat Islam melakukan gerakan menggalang dana kemanusian dan perjuangan. Selain itu mendoakan untuk kemenangan, dan melakukan salat ghaib untuk para syuhada Palestina. 

Imbauan tidak membeli 121 produk sumber dana Israel itu, muncul bersamaan fatwa Nomor 83 Tahun 2023. Fatwa tersebut berisikan Hukum Dukungan terhadap Pejuang Palestina pada, Jumat 10 November 2023 lalu.

BACA JUGA: Fatwa MUI soal Boikot Produk Israel Direspon Wapres Ma'ruf Amin: Harus Pemerintah yang Menyeleksi

Mengutip Disway.id, daftar 121 produk sumber dana Israel itu terdiri dari makanan hingga mobil. MUI meminta dalam memberikan dukungan kepada Palestina, masyarakat menghindari produk Israel yang terdiri dari berbagai produk tersebut. 

Selain makanan dan minuman, terdapat pula produk-produk pakaian, sepatu, kebutuhan rumah tangga, hingga kendaraan sebagai produk sumber dana Israel. MUI mengungkapkan memberikan dukungan perjuangan kemerdekaan Palestina atas agresi Israel hukumnya wajib.

MUI mengatakan mendukung agresi Israel terhadap Palestina atau pihak yang mendukung Israel, baik langsung maupun tidak langsung haram hukumnya. MUI juga meminta pemerintah untuk dapat mengambil langkah-langkah tegas membantu perjuangan Palestina.

Rekomendasi MUI juga menyebutkan sejumlah langkah-langkah, seperti melalui jalur diplomasi di PBB untuk menghentikan perang dan sanksi pada Israel. Lalu pengiriman bantuan kemanusiaan, dan konsolidasi negara-negara OKI untuk menekan Israel menghentikan agresi.

BACA JUGA: Saham Turun Drastis! Boikot Produk Israel Berhasil, Segini Kerugiannya

Di bawah ini adalah daftar 121 produk sumber dana Israel yang banyak dijumpai di Tanah Air. Antara lain: 

Fastfood: 

1. McDonalds

2. KFC

Sumber: