Unik! Pemilihan Ketua RW di Pasarbatang-Brebes Dikemas Serasa Pemilu

Unik! Pemilihan Ketua RW di Pasarbatang-Brebes Dikemas Serasa Pemilu

Proses penghitungan suara dalam pemilihan Ketua RW di Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan Brebes.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Warga RW 01 Kelurahan Pasarbatang Kecamatan Brebes menggelar pemilihan Ketua RW setempat, Minggu 5 November 2023. Layaknya pemilu, warga RW 01 Kelurahan Pasarbatang melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pemilihan Ketua RW yang digelar di salah satu sekolahan di Pasarbatang itu ada 7 RT yang ada di RW 01. Masyarakat dari 7 RT itu nampak antusias menyalurkan hak pilihnya di TPS yang disediakan oleh panitia.

Ketua Panitia Pemilihan Ketua RW 1 Kelurahan Pasarbatang Edi Mulyadi mengatakan, pelaksanaan pemilihan ketua RW seperti pemilu ini guna mengedepankan demokrasi. Apalagi, beberapa bulan lagi akan ada Pemilu 2024.

Sehingga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menentukan hak pilihnya tanpa adanya konflik antar masyarakat. Ada dua kandidat dalam pemilihan ketua RW tersebut. Yakni calon nomor urut 1 Sudirman dan calon nomor urut 2 Rofik Hidayat (incumbent) 

BACA JUGA:Amankan Logistik Pemilu 2024, Polres Brebes Lakukan Penjagaan Pagi, Siang dan Malam

"Keduanya dinilai oleh masyarakat mampu mampu memimpin warga. Pemilihan secara langsung yang diadakan juga mengedepankan dan membangun demokrasi warga di perkampungan," ujarnya.

Pelaksanaan pemilihan Ketua RW 1, dipantau langsung dan dihadiri anggota DPRD Brebes Mohammad Nizwar Alfisyarin dan Kepala Kelurahan Pasarbatang Suharis. Termasuk dari aparat keamanan Polsek Brebes.

Sebagai anggota DPRD Brebes, Mohammad Nizwar Alfisyarin mengapresiasi penyelenggaraan pemilihan Ketua RW 1 yang digelar. Pasalnya pemilihan yang digelar dari awal pencoblosan hingga berakhirnya perhitungan suara, berjalan aman, lancar dan sukses.

Dia berharap, masyarakat di Kelurahan Pasarbatang khususnya di RW 01, untuk selalu menjaga kondusifitas dan tidak ada konflik antar warga. Kerukunan dan kebersamaan antar warga diharapkan selalu dijaga dengan baik.

BACA JUGA:Kantor Penyelenggara dan Gudang Logistik Pemilu 2024 di Tegal Disterilisasi Libatkan Anjing Pelacak

"Kami berharap kondusifitas tetap dijaga hingga Pemilu mendatang. Pesta demokrasi nanti jangan sampai ada pertengkaran dan konflik. Penyelenggaraan pemilihan Ketua RW kali ini, bisa jadi acuan agar Kamtibmas lingkungan tetap diutamakan," tegasnya.

Sementara hasil pemilihan kali ini, incumbent Rofik Hidayat akhirnya kembali terpilih menjadi Ketua RW. Rofik yang merupakan anggota Polri ini, menang telak dengan memperoleh 109 suara, sementara Sudirman hanya memperoleh 28 suara.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di RW 1 yang masih mempercayai saya sebagai Ketua RW," ungkap Rofik.

Sebagai kepala lingkungan, Rofik akan mengajak warganya untuk menyukseskan pemilu damai. Termasuk mengajak warga di RW 1 untuk maju dan bersatu.

Sumber: