Begini Ciri Hewan Terserang PMK, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Imbau Petani Ternak Lakukan Hal Ini

Begini Ciri Hewan Terserang PMK, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Imbau Petani Ternak Lakukan Hal Ini

Tim dari Dinas KP Tan Kabupaten Tegal saat melakukan vaksinasi sembari sosilisasikan ciri hewan terserang PMK.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) masih mengitai hewan ternak. Karena itu, petani ternak Kabupaten Tegal diminta untuk mengenali ciri hewan terserang PMK.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan Sugiyanto. Menurutnya, jika petani ternak mengenali ciri hewan terserang PMK lebih dini, maka bisa dilakukan tindakan cepat. Dengan begitu, PMK dapat dicegah penularannya.

Lebih jauh Sugiyanto mengungkapkan, banyak hewan yang terkena PMK, karena petani ternak tidak mengetahui sejak dini ciri-cirinta. Sehingga PMK menyebar dan menular ke hewan ternak lain.

“PMK bisanya menyerang ternak, seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan sapi. Sehingga kami menghimbau kepada para petani ternak kenali ciri PMK sejak dini,” tegas Sugiyanto.

BACA JUGA:DPKH Brebes Mulai Vaksinasi PMK Dosis Kedua, Ribuan Hewan Ternak Jadi Target

Ciri hewan terserang PMK

Sugiyanto pun membeberkan, jika hewan ternak diserang PMK, maka akan terdapat luka pada lidah, gusi, hidung dan kuku yang terinfeksi.

Berikut ciri-ciri hewan terserang penyakit mulut dan kuku:

1. Hewan itu tidak mampu berjalan sempurna. Kakinya akan pincang saat berjalan. 

2. Air liur akan menetes secara terus menerus.

3. Nafsu makan berkuran. Hewan akan sungkan makan.

"Nafsunya berkurang, hewan juga sungkan makan" kata Sugiyanto, di sela-sela melakukan vaksinasi hewan ternak untuk mencegah PMK.

BACA JUGA:Cegah Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, 242 Ekor Kambing di Kabupaten Tegal Diberi Obat Cacing

Dia mengimbau masyarakat tidak terlalu panik terhadap PMK. Karena tidak membahayakan bagi manusia.

Sumber: