4 Tips Memasang AC Portabel yang Tepat Agar Lebih Optimal Menghasilkan Suhu Ruangan yang Sejuk

4 Tips Memasang AC Portabel yang Tepat Agar Lebih Optimal Menghasilkan Suhu Ruangan yang Sejuk

Ac portabel-YouTube@ 5 The best portabel-

RADAR TEGAL - Cuaca panas ekstrim seperti sekarang ini perlu pendingin udara jenis AC portabel. Tidak banyak mengetahui cara kerja AC portabel karena berbeda dengan AC sentral atau AC jendela yang biasa dipakai.

AC portabel ukuran lebih kecil sehingga bisa dipindah-pindahkan atau dibawa kemana sesuai kebutuhan. Sedangkan AC sentral ukuran, bentuk bervariasi harus dipasang secara permanen  agar bisa bekerja maksimal.      

AC portabel memang bentuk maupun ukuran mungil, tetapi meski sama-sama berfungsi pendingin tidak harus dipasang permanen. Ukuran mungil tidak akan menutupi jendela sepenuhnya kemudian menarik terdapat selang tunggal  atau selang ganda.

Harga selang ganda disebut lebih mahal karena bisa cepat  dingin bahkan ada beberapa AC portabel didukung fitur-fitur  canggih seperti  pengaturwaktu dan dehumidifier.

BACA JUGA:Teknik Perawatan AC Portabel yang Benar, Dingin Seruangan dengan Kinerja Optimal

Cara kerja AC portabel

Bentuk AC portabel mungil bisa dipindah-pindah sesuai kebutuhan memang membuat penasaran bagaimana cara kerja sebenarnya

AC jendela dikenal  pendingin terbaik dibandingkan AC portabel yang cara kerja sederhana tidak membutuhkan banyak memerlukan komponen listrik.

Perlu dipahami bahwa jenis portabel dalam bekerja memerlukan dua selang. Dua selang tersemat pada AC portabel ini terdiri dari selang pertama bekerja mengeluarkan udara panas.

Sedangkan selang kedua berfungsi mengalirkan udara luar untuk ventilasi. Ventilasi AC portabel sebagai fitur utama, meski demikian tidak semua mempunyai fitur ini.

BACA JUGA:AC Portabel Rusak Padahal Baru Saja Beli? Ternyata Ini Penyebabnya

Pastikan saat membeli memilih ada fitur ventilasi, karena fitur tersebut membuat udara lebih bersih. Dari komponen ventilasi maupun dua selang membuat tenaga, hembusan angin dihasilkan begitu besar.

Itulah mengapa harga AC portabel lebih mahal dari pada AC jendela atau AC central. Karena memang fitur-fiturnya yang canggih adanya ventilasi membuat udara lebih bersih.

Cara pasang pendingin udara portabel

Cara kerja berbeda sudah pasti pemasangan pun tidak sama lantaran AC portabel mengambil udara dari ruangan kemudian mendinginkannya.

Sesudah itu, mengembalikan udara sejuk ke dalam ruangan dengan cara mengalirkan udara hangat ke luar. Langkah mengalirkan udara ke luar melalui tabung knalpot terpasang di jendela dan berikut tahapan pemasangannya.

BACA JUGA:7 Rekomendasi AC Portable Terbaik yang Memiliki Keunggulan Teknologi Canggih

1. Pilih Dekat Jendela dan Stopkontak

Setelah membeli AC portabel saatnya memasang yang pastikan lokasi dekat jendela karena memungkinkan lebih banyak udara hangat dibuang keluar.

Daripada kembali dalam ruangan kemudian apabila dilengkapi selang dapat mengalir terus menerus dan itulah mengapa meletakannya pada ember atau wastafel

2. Kit Adaptor Dapat Menyegel dengan Baik

Selain memasangnya dekat jendela dan pastikan pula kit adaptor menyegel dengan baik kemudian jika ukuran jendela terlalu kecil bisa memangkas adaptor jendela.

Sebaliknya, apabila terletak pada jendela terlalu besar perlu membelikaca plexiglass mengisi celah tersebut.

BACA JUGA:Intip 5 Pilihan AC Portabel Terbaik Tahun 2023, Mending Pakai Ini Dari Pada Model Dinding

3. Selang Ventilasi

Cara lain dalam memasang AC portabel dengan menghubungkan selang ventilasi ke kit adaptor jendela terlebih dahulu kemudian pastikan kuat tidak longgar.

4. Pasang Selang Ventilasi Pembuangan

Langkah lain bisa dicoba dengan memasang selang ventilasi pembuangan ke unit  tidak lupa mengamankannya ke titik pembuangan

Ada beberapa alternatif titik pembuangan seperti ember, bak mandi ataupun wastafel kemudian kencangkan selang dengan selotip agar tidak mengalir ke lantai.

Langkah terakhir  colokkan ke stopkontak nanti AC portabel akan terlihat bekerja dan pastikan tahapan-tahapannya dilakukan dengan benar.

BACA JUGA:Simak Cara Memilih Filter untuk AC Portabel, Pastikan Menggunakan HEPA!

Itulah tadi ulasan singkat  mengenai kinerja AC portabel serta tips memasangnya  yang tepat dan semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Kinerja AC portabel memang unik berbeda dengan AC jendela atau AC sentral yang membutuhkan dua selang dan ventilasi  menjadi ciri khas AC portabel.

Tidak banyak memahami dalam pemasangan AC portabel karena kinerja berbeda kedua jenis AC ini. Walaupun demikian pastikan mengikuti prosedur pemasangannya pastikan lokasi dekat jendela.

Karena memungkinkan lebih banyak udara hangat dibuang keluar kemudian pasang selang ventilasi pembuangan yang terakhir colokkan ke stopkontak. (*)

Sumber: