5 Manfaat Rempah-Rempah untuk Kesehatan Tubuh, Benarkan Bisa Mengurangi Kerusakan Sel-Sel Tubuh?

5 Manfaat Rempah-Rempah untuk Kesehatan Tubuh, Benarkan Bisa Mengurangi Kerusakan Sel-Sel Tubuh?

Manfaat rempah-rempah untuk kesehatan tubuh.--

RADAR TEGAL – Rempah-rempah tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, namun juga bisa memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap beragam penyakit seperti pilek, radikal bebas, hingga penyakit jantung. Melansir dari alodokter.com, berikut manfaat rempah-rempah untuk kesehatan tubuh.

Tahukah Anda bahwa rempah-rempah mampu memberikan perlindungan terhadap munculnya beragam penyakit. Salah satu manfaat rempah-rempah yakni mampu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh dan melawan peradangan.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis rempah-rempah yang kerap digunakan untuk berbagai masakan yang ternayat mempunyai khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Minum Segelas Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Rempah-Rempah untuk Kesehatan Tubuh

1. Kayu Manis

Kayu manis merupakan jenis rempah-rempah yang sering ditambahkan dalam roti atau kue. Kaya manis tidak hanya membeirkan rasa yang khas.

Diketahui, kayu manis ini juga bermanfaat untuk emgurangi gejala peradangan, lho.

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dan zat lain dalam akyu manis ini bisa membantu Anda dalam mengontrol kadar gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan memperbaiki fungsi otak.

Selain itu, kayu manis juga mempunyai sifat antibakteri.

2. Kunyit

Jenis rempah-rempah yang satu ini cukup sering digunakan dalam bumbu masakan Nusantara, bukan? Ya, selain mudah Anda dapatkan serta mampu memberikan cita rasa yang khas, kandungan kurkumin dalam kunyit ini ternyata mempunyai efek antioksidan dan antiradang  yang baik untuk kesehatan tubuh, lho.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kunyit dapat menyembuhkan pilek, mengobati bekas luka, meringankan gejala arthritis, mengurangi kolesterol, mencegah pikun dan kanker, memelihara fungsi hati dan otak,  serta mengatasi infeksi.

BACA JUGA: Meluruskan Mitos Umum tentang Menelan Biji Jambu Merah: Informasi Penting untuk Kesehatan Anda

3. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah yang digunakan sebagai bahan masakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia.

Namun, tahukah Anda bahwa bahan masakan yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengontrol tekanan darah.

Menurut penelitian, bawang  putih diketahui terbukti bisa membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah.

Adanya kandungan allisin di dalamnya, juga bisa membuat pembuluh darah melebar dan lebih relaks, lho. Alhasil, aliran darah Anda kan menjaid lbih lancar dan tekanan di dalam pembluh darah menurun.

Adapun manfaat lainnya  dari bawang putih yakni efek antioksidan yang tinggi serta antibakteri. Diketahui, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih bisa memperkuat imunitas tubuh, mengurangi kolesterol, menekan pertumbuhan sel kanker, hingga mencegah penyakit jantung, dan obesitas.

BACA JUGA: Tak Perlu Skincare, Ini 3 Daun yang Bisa Mencerahkan kulit dan Atasi Jerawat

4. Jahe

Rempah-rempahan yang satu ini juga sering ditemukan dalam masakan, minuman, hingga jamu tradisional. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe mempunyai sifat antiradang dan antioksidan yang kuat, dan baik dalam meredakan mual, nyeri terkait menstruasi, osteoarthritis, dan meredakan flu.

5. Kemangi

Kemangi bisanya sering  digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai lalapan. Adanya aroma dan rasanya yang khas ini, tidak hanya meningkatkan kenikmatan pada saat makan, lho.

Namun juga bisa membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah. Namun, perlu Anda  ketahui bahwa penelitian ini hanya sebatas dilakukann terhadap tikus, belum kepada manusia.

Tidak hanya itu,  kemangi juga kaya akan magensium dan mengandung antioksidan yang bisa membantu tubuh dalam melawan radikan bebas.

Adanya kandungan zat yang terdapat di dalam kemnagi ini, juga dipercaya mampu mengurangi peradangan, membantu melawa infeksi, bisa memperkuat sistem kekbalan  tubuh, dan mencegah efek buruk dari penuaan.

Meskipu bisa memberikan segudang manfaat, namaun nyatanya manfaat rempah-rempah kemangi untuk kesehatan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terlebih apabila ingin menggunakannya sebagai obat herbal, ya.

BACA JUGA: Fakta atau Mitos Daun Bidara Bisa Usir Jin dan Sihir? Begini Penjelasannya

Demikian ulasan mengenai manfaat rempah-rempah untuk kesehatan tubuh. Semoga Bermanfaat. (*) 

Sumber: