Fakta atau Mitos Daun Bidara Bisa Usir Jin dan Sihir? Begini Penjelasannya

Fakta atau Mitos Daun Bidara Bisa Usir Jin dan Sihir? Begini Penjelasannya

Mitos Daun Bidara--

RADAR TEGAL – Pohon bidara yang terkenal dengan nama ilmiah Ziziphus Mauritiana merupakan pohon cemara kecil yang berasal dari daerah tropis dan subtropis di dunia. Berikut mitos daun bidara.

Terdapat banyak mitos yang menyelimuti daun bidara ini. Adapun mitos ini mempunyai sejarah panjang mulai dari zaman  kuno dan dipercaya mempunyai sifat mistik termasuk kemampuan dalam mengusir roh jahat dan ilmu hitam.

Terlepas dari mitos tersebut, ilmu pengetahuan modern telah mengungkapkan bahwa tanaman ini mempunyai banyak  manfaat bagi kesehatan seperti; mencegah penyakit, mempercepat penyembuhan luka, dan melawan kanker.

BACA JUGA: 7 Manfaat Daun Bidara untuk Tubuh, Benarkan bisa Atasi Ganguan Jin? Berikut Penjelasannya

Mitos Daun Bidara dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Mitos daun bidara ini sudah tersebar luas  di  seluruh Asia  tenggara dan sekitarnya, banyak orang mempercayai bahwa daun bidara dapat menangkal roh jahat, ilmu hitam, dan guna-guna.

Daun bidara disebutkan pada surat Al Baqarah ayat 102 yakni ketika digunakan untuk mengusir setan kepada Nabi Sulaiman menggunakan air dan daun bidara yang ditumbuk halus.

Sembari dibacakan ayat kursi dan surat lainnya. Walaupun sampai saat ini, daun bidara sering digadang-gadang ampuh untuk mengusir setan, faktanya belum ada dalil dasar yang dapat diketahui untuk hal tersebut, Pins.

Namun, sebenarnya terdapat manfaat ilmiah dari  pohon bidara yang jauh lebih nyata, lho.

Diketahui, pohon ini mengandung vitamin C dan antioksidan tingkat tinggi yang bisa membantu Anda dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, telah ditemukan juga bahwa daun bidara mempunyai sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur.

Adanya kandungan tersebut, dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit, mempercepat penyembuhan luka, bahkan melawan kanker.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa terdapat manfaat kesehatan pada daun bidara ini salah satu yang paling terkenal yakni kemampuannya dalam mengobati penyakit kulit seperti eksim.

Daun pohon bidara diketahui mengandung beberpa senyawa aktif anatara lain fenol, flavonoid, dan saponin yang diketahui mempunyai sifat antiinflamasi,  antioksidan, dan anti abkteri.

Terdapat juga penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa gatal dan bengkak, sehingga menjadikannya sebagai pengobatan yang layak digunakan untuk penyakit kulit seperti eksim.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Minum Segelas Daun Bidara bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan

1.      Mempercepat penyembuhan lukan

2.      Mencegah beragam penyakit

3.      Dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

4.      Melawan sel kanker

5.      Membantu melwan diabetes

6.      Membantu mengatasi jerawat

7.      Membantu merawat rambut

Demikian ulasan mengenai mitos daun bidara beserta manfaatnya. Semoga bermanfaat.***

Sumber: