198 Warga Kabupaten Tegal Digembleng Pendidikan Kecakapan Hidup dan Kerja, Ini Sasaran Capaiannya

198 Warga Kabupaten Tegal Digembleng Pendidikan Kecakapan Hidup dan Kerja, Ini Sasaran Capaiannya

Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kepala Dinas Dikbud membuka program Pendidikan Kecakapan Hidup dan Kecakapan Kerja.-Hermas Purwadi-

Bupati Tegal Umi Azizah dalam kesempatan ini meminta Disdikbud turut memantau kegiatan untuk memastikan peserta didik benar-benar mahir dalam memahami pendidikan yang diikutinya. 

"Kaum muda tidak hanya sekadar membutuhkan lapangan kerja, tapi bagaimana mereka ini bisa bekerja dengan kondisi yang layak. Sementara penciptaan lapangan kerja, baik oleh pemerintah, terlebih sektor swasta tidak sebanding dengan pertumbuhan angkatan kerja setiap tahunnya. Tenaga kerja usia produktif yang tersedia melimpah dan lapangan kerja yang terbatas ini menciptakan berbagai persoalan, terutama pengangguran terbuka yang sampai sekarang masih menjadi PR kita bersama," tegasnya.

BACA JUGA:Walikota Tegal Dedy Yon Ikuti Upacara Ziarah di Makam Pahlawan Peringatan HUT TNI ke-78

BACA JUGA:Penyebab Kecelakaan Guci Tegal Akhirnya Terungkap, KNKT Ungkap Hal Mengejutkan

Umi juga meminta kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan, supaya yang diajarkan tidak hanya hard-skill, keterampilannya saja. Apakah itu menjahit, mengoperasikan alat, komputer dan sebagainya.

Tapi juga soft-skill yang melatih mental supaya mereka ini benar-benar siap menghadapi kultur kerja yang berbeda, dengan kedisiplinan dan keteraturan kerja, serta tekanan lingkungan kerja yang bisa saja membuat tidak nyaman. *

Sumber: