Dirjen PAUD Gerakkan UKS Anak Usia Dini, Begini Respon Disdikbud Kabupaten Tegal

Dirjen PAUD Gerakkan UKS Anak Usia Dini, Begini Respon Disdikbud Kabupaten Tegal

Kasi PAUD Disdikbud Kabupatebn Tegal berupaya menggerakkan kembali UKS anak usia dini.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Upaya menghidupkan kembali program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) digaungkan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini. 

Digalakannya kembali Usaha Kesehatan Sekolah untuk anak usia dini muaranya untuk mencegah merebaknya angka stunting di Indonesia.

Kepala Disdikbud Kabupaten Tegal Fakihurrochim SSos MM melalui Kasi PAUD, Ibnu Khakim menyatakan, pihaknya bersama 170 perwakilan kabupaten dan kota se Indonesia baru saja mengikuti pencerahan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (Dirjen PAUD) di Tangerang.

Dalam pencerahannya, Dirjen PAUD menginstruksikan untuk menggalakan kembali Usaha Kesehatan Sekolah bagi anak usia dini. 

BACA JUGA:Alokasi Anggaran Rehab PAUD di Kabupaten Tegal Fokus untuk TK Pembina

"Fokusnya dalam gerakan ini bukan pada keberadaan ruang UKS di satuan pendidikan PAUD. Namun lebih pada pemberian layanan pada peserta didik," ujarnya Jumat 27 Oktober 2023.

Kedepan, sambung Ibnu, di setiap satuan pendidikan PAUD diupayakan ada Trias UKS yang mampu memberikan pendidikan kesehatan, pelayanan, dan menciptakan lingkungan sehat di satuan pendidikan. 

"Kaitannya dengan pemenuhan UKS di satuan pendidikan PAUD nantinya diupayakan ada kelas orang tua. Di dalam kelas orang tua itu akan diberi pemahaman bagaimana memberikan makanan sehat pada anak, pengukuran pertumbuhan anak, dan perkembangan anak yang akan dikoordinasikan dengan OPD terkait," cetusnya.

Ibnu menyatakan, ending atau muara kegiatan ini, dalam penyusunan data Dapodik anak ada pemuktahiran data siswa didik. Yakni ketika anak masuk sampai lulus dari jenjang pendidikan PAUD. 

BACA JUGA:Belajar Pengelolaan Sampah Sejak Dini, Murid PAUD di Kota Tegal Diajari Cara Memilah

"Nantinya disini akan terdeteksi ada tidaknya perkembangan pada pertumbuhan siswa didik, terkait lingkar kepala, berat badan dan sebagainya. Dan upaya ini sebagai langkah pencegahan serta mitigasi stunting," ungkapnya.

Pihaknya akan segera mensosialisasikan apa yang baru saja diikutinya ke semua satuan pendidikan PAUD yang ada di Kabupaten Tegal. Ibnu juga mengakui saat ini tidak semua satuan pendidikan PAUD memilii ruang UKS. 

"Namun kita tidak terpaku pada ada tidaknya ruang UKS disatuan pendidikan PAUD. Namun lebih mengedepankan pada jalannya proses pelayanan di masing-masing satuan pendidikan," tegasnya. (adv) 

Sumber: