Kereen! SMPN 1 Balapulang Juara 1 Lomba Jurnalistik Disdikbud Kabupaten Tegal

Kereen! SMPN 1 Balapulang Juara 1 Lomba Jurnalistik Disdikbud Kabupaten Tegal

Capaian juara I lomba jurnalistik SMP Disdikbud yang berhasil disabet skuad SMPN 1 Balapulang Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Luar biasa! Tim SMPN 1 Balapulang berhasil menempatkan diri sebagai juara I di ajang Lomba Jurnalistik tingkat SMP yang dilaksanakan Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Kabupaten Tegal.

Dibabak final Lomba Jurnalistik kali ini diikuti 6 SMP. Di antaranya SMPN 2 Adiwerna, SMPN 1 Balapulang, SMPN 2 Margasari, SMPN 1 Talang, SMPN 1 Bumijawa, dan SMPIT Luqman Al Hakim. 

Kepala Disdikbud Kabupaten Tegal Fakihurochim SSos MM melalui Kabid Pembinaan SMP Drs Alfatah MPd membuka langsung perhelatan yang digelar di aula Disdikbud.

Kepala SMPN 1 Balapulang Nuridin SPd menyatakan, di babak final dewan juri memberikan tantangan membuat berita dan menguploadnya ke blog yang sudah dibuat. 

BACA JUGA:Disdikbud Kabupaten Tegal Bentuk Tim Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Tingkat PAUD

"Mereka diberi waktu 20 menit untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan berita yang telah dibuat oleh  setiap sekolah," ujarnya Kamis 16 November 2023. 

Selanjutnya setiap tim diharuskan melakukan presntasi yang dilakuan melalui undian. 

"Siswa atau tim yang mengikuti final lomba jurnalistik adalah siswa yang terbaik dari yang baik bisa menjadi jurnalis yang handal dan bisa juga menjadi youtuber yang hebat," cetusnya. 

Menurutnya siswa jurnalistik mempunyai bakat yang luar biasa. Siswa harus menjadi subyek dalam hal apapun bukan menjadi objek. Keaslian karya jurnalistik menjadi yang sangat penting.

BACA JUGA:Disdikbud Kabupaten Tegal Dorong Akreditasi 472 PAUD

"Tujuan diadakanya lomba tersebut yaitu untuk mengembangkan potensi diri para generasi muda dalam melatih keterampilan di bidang Jurnalistik, dan juga untuk melatih kemampuan mengolah kata," ungkapnya. (adv) 

Sumber: