Penyebab Kecelakaan Guci Tegal Akhirnya Terungkap, KNKT Ungkap Hal Mengejutkan

Penyebab Kecelakaan Guci Tegal Akhirnya Terungkap, KNKT Ungkap Hal Mengejutkan

MEDIA RILIS - Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat merilis penyebab dan kronologi kecelakaan bus pariwisata di Guci Kabupaten Tegal, di Aula Puspita Kampus I Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, di Jalan Perintis Kemerdekaan Tegal, Rabu 4 Oktober 2023-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Setelah hampir 5 bulan berlalu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akhirnya mengungkap penyebab kecelakaan Guci Tegal pada Minggu, 7 Mei 2023.  Kronologi kecelakaan bus pariwisata yang masuk ke sungai di tempat wisata Guci Kabupaten Tegal itu pun akhirnya dibuka ke publik.

Kecelakaan Guci Tegal yang terjadi 5 bulan lalu itu, mengakibatkan 2 nyawa penumpang melayang. Dua orang luka berat dan 31 orang mengalami luka ringan.

Namun, fakta yang diungkap dalam kecelakaan Guci Tegal oleh KNKT cukup mencengangkan. Pasalnya, bus pariwisata yang mengalami kecelakaan karena terjun ke jurang sungai Guci Kabupaten Tegal itu masuk kategori laik. 

Rem parkir juga dalam kondisi laik. Sehingga dikatakan penyebab kecelakaan Guci Tegal itu, karena areal parkir tidak memenuhi kelayakan standar.

BACA JUGA:Air Mata Romyani Sopir Bus Kecelakaan Guci Mengucur Saat Penangguhan Penahanannya Dikabulkan Polisi

BACA JUGA:Pemkab Tegal, Pemdes Rembul dan Warga Istighosah di TKP Bus Terjun Sungai Guci

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengungkapkan, kronologi kecelakaan itu bermula pada Minggu 6 Mei 2023 pukul 09.00 WIB, bus pariwisata B 7260 CGA membawa rombongan wisata religi dari Tangerang Selatan sebanyak 50 orang. 

Rute wisata mulai dari Tangerang Selatan - Cirebon - Pemalang - Guci Tegal - Pekalongan dan kembali lagi ke Tangerang Selatan. Bus yang dioperasikan oleh PT Mitra Duta Sejati itu tiba dan bermalam di Guci Tegal pukul 21.00 WIB.

"Setelah sampai di Guci, para penumpang turun di dekat penginapan, lalu pengemudi mengendarai mobil bus ke tempat parkir tambahan karena tempat parkir Guci sudah penuh," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, saat menggelar media rilis di Aula Puspita Kampus I Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, di Jalan Perintis Kemerdekaan Tegal, Rabu 4 Oktober 2023 pagi.

Soerjanto melanjutkan, setelah penumpang turun, pengemudi lalu memarkirkan bus dipandu oleh juru parkir. Pengemudi juga menarik ruas rem parkir dan mematikan mesin bus sebelum kecelakaan Guci Tegal terjadi. 

BACA JUGA:Mirip Film Horor, Minibus Terjun ke Sungai, 4 Penumpangnya Tewas Terjebak di Dalam

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Bus Pariwisata Masuk Jurang di Kawasan Guci Tegal

Sedangkan kernet atau pembantu sopir bus, memasang ganjal roda di bagian depan kiri dan roda belakang kiri. 

Sumber: radartegal.disway.id