Gak Kuat Bayar? Ini 5 Cara Minta Keringanan Bayar Pinjol Biar Gak Kelamaan Galbay

Gak Kuat Bayar? Ini 5 Cara Minta Keringanan Bayar Pinjol Biar Gak Kelamaan Galbay

5 cara minta keringanan bayar pinjol-freepik-

Meminta perpanjangan waktu pembayaran juga menjadi cara agar Anda bisa melunasi sisa hutang yang menunggak dan agar tidak galbay terlalu lama.

Silahkan Anda mengajukan perpanjangan pembayaran maupun pengurangan suku bunga. Hal ini bisa menjadi solusi Anda nantinya membayar cicilan yang belum dibayar.

4) Lakukan negosiasi dengan baik

Cara meminta keringanan bayar pinjol tentunya dengan melakukan negosiasi dengan baik dengan pihak pinjol. Pertahanakan komunikasi yang sopan dan baik kepada pihak pinjol.

Bila perlu, Anda bisa mengajukan proposal yang realistis bahwa Anda memang saat ini sedang berusaha membayar cicilan.

Kemungkinan pihak pinjol akan memberikan solusi atau keringanan jika benar-benar melihat upaya Anda untuk melunasi hutang.

BACA JUGA : Kenali 4 Risiko Jasa Joki Galbay Pinjol, Bisa Mudah Lunasi Hutang tapi Berakibat Fatal?

5) Perhatikan sejumlah hak yang Anda miliki

Sebagaimana yang kita tahu bahwa pinjaman online di Indonesia yang resmi OJK memiliki perlindungan bagi konsumennya. Penting juga untuk Anda tahu tentang hak yang Anda miliki selaku peminjam.

Pihak pinjol yang legal atau resmi OJK mematuhi regulasi yang sudah ditetapkan. Mulai dari batasan suku bunga dan praktik penagihan hutang kepada nasabah galbay.

Namun, beda halnya dengan pinjol ilegal yang tidak memiliki aturan baik dalam penagihan dan seringkali mengancam nasabah galbay.

Jika Anda mengajukan pinjaman di platform ilegal, Anda bisa laporkan kepada pihak berwajib jika adanya tindakan teror dan ancaman yang mereka lakukan. Jangan lupa sertakan bukti bahwa memang mereka sedang mengancam Anda.

Demikian 5 cara minta keringanan bayar pinjol yang bisa Anda terapkan. Sesuai yang sudah disebutkan tadi bahwa cara-cara ini belum tentu membuat pihak pinjol bisa memberikan keringanan. 

Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba dibanding hutang semakin menumpuk apalagi sampai mengajukan pinjaman lagi di lain tempat. Hal ini tentu semakin membuat hutang bertambah dimana-mana. (*)

Sumber: