Mitos Pemandian Air Panas Guci Tegal yang Masih Dipercaya Hingga Kini, Konon Berkhasiat Menyembuhkan

Mitos Pemandian Air Panas Guci Tegal yang Masih Dipercaya Hingga Kini, Konon Berkhasiat Menyembuhkan

Asal Usul Legenda dan Mitos Pemandian Air Panas Guci--

BUMIJAWA,radartegal.id - Menjadi salah satu obyek wisata kebanggaan masyarakat Kabupaten Tegal, Obyek Wisata (OW) Guci sarat dengan legenda dan mitos yang masih dipercaya hingga kini. Salah satunya mitos pemandian air panas Guci Tegal yang konon berkhasiat menyembuhkan.

Tidak hanya diyakini masyarakat setempat, banyak juga masyarakat luar daerah yang mempercayai mitos pemandian air panas Guci Tegal. Hal itu seakan menambah daya tarik tempat wisata ini yang memang terkenal dengan keindahan alamnya.

Lokasinya yang dipenuhi hutan pinus membuat udara di sekitar akan terasa lebih sejuk. Karena bukan menjadi rahasia lagi, masyarakat dan pengunjung seakan terbiasa dengan mitos pemandian air panas Guci Tegal tersebut.

Lalu, seperti apa sebenarnya kisah di balik mitos pemandian air panas Guci Tegal tersebut? Berikut ulasannya.

BACA JUGA: 6 Objek Wisata Terbaru di Guci Tegal, Nikmati Pemandangan Sejuk dan Pemandian Air Panas Favorit

 

BACA JUGA: Sisi Tersembunyi Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal yang Belum Banyak Diketahui Orang, Ternyata...

Tentang pemandian air panas Guci Tegal

Pemandian Air Panas Guci ini terletak di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Lokasinya berada di bawah kaki Gunung Slamet di bagian utara.

Sumber air panas Guci ini terletak di atas ketinggian 1050m di atas permukaan laut. Sumber air panas guci memiliki total luas area sekitar 210 hektare. 

Wisata Pemandian Air Panas Guci ditemukan warga sekitar tahun 1970-an. Saat itu ada sebuah gua yang memiliki sumber air panas berjumlah 13 titik.

Warga lalu menyalurkannya pada setiap pancuran-pancuran yang berjumlah sama sehingga dikenal dengan nama Pancuran 13. Berdasarkan sejarahnya yang dipercaya warga setempat, nama Guci konon berasal dari zaman masa penyebaran Islam di tanah Jawa oleh para wali yang biasa disebut zaman Walisongo.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Penginapan di Komplek Wisata Pemandian Air Panas Guci, Viewnya Alami Banget

 

Sumber: