6 Mitos Gunung Slamet yang Ditakuti Penduduk Kabupaten Tegal, Salah Satunya Terkait Nyawa

6 Mitos Gunung Slamet yang Ditakuti Penduduk Kabupaten Tegal, Salah Satunya Terkait Nyawa

Gunung Slamet-Indra Sutanto-Instagram.com/indrasutanto

RADAR TEGAL - Menjadi salah satu gunung di Jawa Tengah, 6 mitos Gunung Slamet kerap membuat takut penduduk Kabupaten Tegal dan sekitarnya. Pasalnya, mitos tersebut erat kaitannya dengan pengorbanan nyawa alias tumbal.

Mitos gunung Slamet tersebut juga berkaitan dengan Obyek Wisata Guci yang menjadi wisata andalan Kabupaten Tegal. Berikut 6 mitos gunung Slamet yang hingga hari ini masih ditakuti penduduk:

1. Mitos Naga Cerek di Guci Kabupaten Tegal 

Mitos gunung Slamet yang terkait dengan Guci adalah mengenai penghuni naga yang berada di air terjun Guci. Konon katanya, makhluk mitologi tersebut yang bisa memberikan kekayaan. 

Namun tentunya kekayaan tersebut tidak muncul dengan begitu saja. Mitosnya, di lokasi tersebut bisa menjadi tempat pesugihan dengan ritual yang mengorbankan nyawa manusia. 

BACA JUGA:6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

BACA JUGA:Mitos Curug Cantel Tegal yang Katanya Cuci Muka dengan Airnya, para Jomblo Pulangnya Bawa Pasangan

Tidak mengherankan jika mitos Gunung Slamet ini membuat banyak penduduk ketakutan. Terutama bagi mereka yang masih mempercayai hal-hal tersebut. 

Jalur Guci sendiri menjadi salah satu jalur pendakian menuju Gunung Slamet. Melewati daerah pemandian air panas dan air terjun di lereng gunung tersebut. 

Di balik kisahnya yang menyeramkan tentang naga cerek, air terjun yang ada di Guci dipercaya menyembuhkan penyakit. Boleh percaya, boleh juga tidak. 

2. Mitos Gunung Slamet meletus maka Pulau Jawa terbelah

Berada di tengah-tengah 5 kabupaten di Jawa Tengah, mitos Gunung Slamet berikutnya cukup membuat ngeri bagi yang mempercayainya. Pasalnya, Pulau Jawa disebut akan terbelah menjadi dua jika gunung tersebut meletus.

BACA JUGA:5 Mitos Kehamilan Penting untuk Anda Ketahui, Simak Faktanya!

BACA JUGA:Bisikan Makhluk Gaib di Alas Roban Sebabkan Pengendara Kecelakaan, Begini Mitosnya

Pasalnya, Gunung Slamet letaknya juga persis tengah-tengah antara daerah pantai utara dan pantai selatan. Ramalan Jayabaya yang mengatakan bahwa Pulau Jawa akan terbelah dua suatu saat nanti banyak dipercaya masyarakat.

Bahkan, penduduk Banyumas mempercayai mitos ini. Jika gunung ini meletus, akan terbentuk selat penghubung laut utara dan selatan.

3. Puncak Gunung Slamet adalah Puncak Surono 

Puncak Surono adalah nama dari puncak Gunung Slamet. Mitosnya, dahulu ada seorang pendaki bernama Surono yang meninggal karena terpeleset ke jurang.

Nama Surono pun menjadi nama bagi puncak gunung ini sebagai tanda penghormatan. Meskipun tidak bisa secara pasti diketahui, kebanyakan pendaki mempercayai cerita ini. 

Di puncak pun terdapat sebuah tugu untuk mengenang almarhum Surono.

BACA JUGA:Owalah Ini Toh Fakta Gunung Slamet yang Mampu Membelah Pulau Jawa

BACA JUGA:Misteri Gunung Slamet di Jawa Tengah yang Jarang Diketahui Orang, Di Antaranya Dulu bernama Gunung Agung

4. Romo Bebek, Sungai Serayu, dan Ratu Kidul

Romo Bebek, Sungai Serayu dan Ratu Kidul kerap dikaitkan dengan mitos Gunung Slamet. Hal ini berkaitan dengan kisah saat Gunung Slamet meletus.

Kemudian muncul gumpalan awan yang terlihat berbentuk bebek. Masyarakat sekitar mulai menyebut keberadaan Romo Bebek. 

Romo Bebek mitosnya adalah lambang perbuatan saling menuntun ke kebaikan. Tidak jarang, ada penampakan kawanan bebek dan kerbau yang tidak diketahui pemiliknya, di sepanjang Sungai Serayu. 

Hal ini kemudian dipercaya sebagai penanda peristiwa penting. Sungai Serayu sendiri kono adalah jalan menuju Kerajaan Gaib Ratu Kidul.

BACA JUGA:Karnaval HUT RI di Lereng Gunung Slamet, 4 Replika Patung Pahlawan Diarak Keliling Desa

BACA JUGA:Menjelajahi Keajaiban dan Kepercayaan Gunung Slamet: Fakta dan Mitos yang Perlu Diketahui

5. Gerbang masuk ke kerajaan gaib

Mitos ini adalah salah satu yang paling populer mengenai Gunung Slamet. Kabarnya, ada gerbang masuk menuju dunia gaib yang terdapat di jalur bambangan. 

Salah satu jalur di antara jalur lainnya yang paling pendek. Jalur ini kabarnya melewati tempat yang paling sakral dan mistis. 

Pendaki akan menemukan jejeran dua pohon besar. Di antara kedua pohon inilah yang diduga gerbang masuk ke kerajaan gaib di gunung ini.

6. Mitos tentang manusia kerdil

Mitos terakhir mengenai Gunung Slamet di Jawa Tengah ini mengenai keberadaan makhluk kerdil. Konon katanya, manusia kerdil itu adalah seseorang yang dahulu pernah tersesat di gunung.

BACA JUGA:Gunung Slamet dan Ciremai Bersaudara? Ternyata Begini Legendanya

BACA JUGA:Gara-gara Tirakat Sesepuh Terganggu, Mitosnya Penjual Nasi di Desa Kaki Gunung Slamet Tegal Ini Tak Akan Kaya

Kabarnya, jika ada pendaki yang kehilangan makanan, bisa jadi itu karena ada manusia kerdil yang mengambilnya. Makhluk ini kabarnya hidup seperti hewan di hutan di daerah gunung.

Demikian informasi mengenai 6 mitos Gunung Slamet yang masih dipercaya banyak masyarakat. Kamu termasuk yang percaya tidak? ***

Sumber: