6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

6 Misteri Gunung Slamet, Ada Gerbang Gaib yang Mitosnya Jika Memasukinya Tak Akan Bisa Pulang Lagi

Banyak misteri Gunung Slamet yang hingga kini masih dipercaya orang dan pendaki sering terjadi. --

RADAR TEGAL - Gunung Slamet di Jawa Tengah merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Selain menjadi salah satu favorit para pendaki, banyaknya mitos dan misteri Gunung Slamet yang membuat banyak orang penasaran. 

Dalam artikel ini akan membahas sedikitnya 6 misteri yang banyak dibicarakan orang-orang, tidak hanya oleh warga sekitar tapi juga para pendaki. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi animo masyarakat dan para pendaki ke puncaknya.

Mengutip akun Instagram @ulimuslih, sedikitnya ada 6 misteri Gunung Slamet yang selama ini banyak dipercaya kerap terjadi. Tidak hanya bikin bulu kuduk berdiri, keenamnya juga harus diwaspai para pendaki.

Kendati sudah banyak didengar selama ini, tak ada salahnya jika kita memaknainya sebagai peringatan supaya lebih bijaksana saat berada di wilayah lain. Di bawah ini beberapa misteri di gunung tertinggi di Jawa Tengah yang kerap dibicarakan:

1. Pos Samarantu

Sama dengan jalur pendakian gunung lainnya, di Gunung Slamet juga banyak terdapat pos-pos yang biasa digunakan sebagai tempat peristirahatan selama pendakian. Di antaranya adalah Pos Samarantu yang menjadi salah satu tempat penuh misteri di Gunung Slamet.

Nama pos yang unik ternyata menyimpan kisah yang cukup menyeramkan. Menurut para pendaki, pos tersebut sebaiknya tidak digunakan untuk beristirahat karena disana banyak penunggu dari kalangan jin yang jahil.

Itulah mengapa pos dinamakan dengan pos samarantu yang dalam bahasa jawa artinya awas ada hantu.

2. Gerbang Gaib

Salah satu jalur pendakian di Gunung Slamet dipercaya sangat mistis dan banyak menyimpan misteri di Gunung Slamet. Namun, karena jalurnya memiliki rute terdekat, sehingga banyak pendaki yang tetap memilihnya sebagai jalur utama.

Di Jalur Bambangan ini, kita akan menemukan dua pohon besar yang sekilas mirip sebuah gerbang. Dua pohon tersebut dipercaya sebagai pohon gaib, sehingga pendaki wajib berhati-hati jika melewatinya.

Karena jika pendaki kurang beruntung, pendaki bisa nyasar dan tidak akan kembali lagi.

3. Manusia Kerdil

Gunung tertinggi di Jawa Tengah ini konon dihuni oleh manusia kerdil. Salah satu misteri Gunung Slamet ini konon berawal saat manusia kerdil tersebut mendaki, tetapi dia tidak bisa kembali sehingga menjadi penunggu gunung slamet.

Sumber: