Mantap Jiwa! Siswa SMPN 1 Adiwerna Tegal Juara Krenova Tingkat Kabupaten

Mantap Jiwa! Siswa SMPN 1 Adiwerna Tegal Juara Krenova Tingkat Kabupaten

Siswa di dampingi guru dan Kepala SMP 1 Adiwena menunjukkan trofi juara lomba Krenova tingkat Kabupaten Tegal.-Dok. SMPN 1 Adiwerna For Radar Tegal-

RADAR TEGAL - Siswa SMPN 1 Adiwerna Kabupaten TEGAL berhasil menggodol juara 2 lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) tingkat Kabupaten.

Di ajang lomba yang diselenggarakan Bappeda Litbang Pemkab Tegal itu, Tim Krenova SMPN 1 Adiwerna melombakan produk Pemanfaatan Limbah Bulu Ayam sebagai Pupuk Kompos untuk Tanaman Sayuran.

Adapaun siswa yang tergabung dalam Tim Krenova SMPN 1 Adiwerna, yakni Katya Kaylila Belbibah dan Yunita Aulia Safitri. 

Keduanya dibimbing langsung oleh guru IPA, Yuliadi SPd dan Saekhudin SPd.

BACA JUGA:Dikucur 43 Miliar, Disdikbud Kabupaten Tegal Percepat Progres Perbaikan Sarpras Sekolah

BACA JUGA:Meriahkan HUT RI, Ratusan Pelajar RA se Kabupaten Tegal Lomba Upacara Live di Medsos

Kepala SMPN 1 Adiwerna Ciptadi SPd MPd mengatakan, ide produk yang dilombakan ini muncul karena banyaknya limbah bulu ayam di sekitar lingkungan rumah. 

"Biasanya limbah ini bagi sebagian tempat pemotongan ayam dibuang begitu saja sehingga dapat mencemari lingkungan sekitar. Karena itu muncul ide membuat produk pemanfaatan limbah tersebut," ungkapnya.

Menurutnya, penelitian inovasi pupuk kompos limbah bulu ayam dilakukan di sekolah sejak tanggal 27 Maret sampai 31 Mei 2023. 

Dari mulai menjemur bulu ayam sekitar 1 minggu sampai kering kemudian di oven lalu digiling berulang-ulang sampai halus menggunakan alat penggiling khusus.

BACA JUGA:MANTAP! Anggaran Perbaikan Sarpras SD di Kabupaten Tegal Capai 43 Miliar

BACA JUGA:Dukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Disdikbud Kabupaten Tegal Gelar FGD

Kemudian setelah bulu ayam menjadi serbuk halus ditaburkan pada tanah yang sudah ada benih tanaman sayurannya di polybag plastik ukuran 30 x 22 cm, sekitar usia tumbuh 1 minggu sejak tanam. 

"Pemantaun pertumbuhan dan perkembangan tanaman dilakukan setiap 3 hari sekali dengan mencatat pertambahan tinggi tanaman yang diberi pupuk limbah bulu ayam dengan yang tidak diberi pupuk."

Sumber: