MANTAP! Anggaran Perbaikan Sarpras SD di Kabupaten Tegal Capai 43 Miliar

MANTAP! Anggaran Perbaikan Sarpras SD di Kabupaten Tegal Capai 43 Miliar

Kasi Sarpras SD Disdikbud Kabupaten Tegal mencermati dukungan anggatan perbaikan sarpras.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Dukungan anggaran untuk perbaikan sarana prasarana Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tegal selama tahun 2023 mencapai Rp43 miliar. 

Alokasi anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), DAU Mandatory, dan APBD II. 

Plt Kepala Disdikbud Fakihurochim SSos MM melalui Kasi Sarpras SD, Dai Wibowo SPd MPd menyatakan, alokasi yang didapat dari DAK pusat tahun ini hanya Rp9 millar. 

"Sementara untuk mendukung pembangunan fisik diluar DAK tersedia anggaran sebesar Rp43 miliar. Dukungan dana yang ada diperuntukan mulai untuk pembangunan ruang kelas baru, perpus, sarpras utilitas, laboratorium, ruang guru dan kepala sekolah, hingga ruang UKS," ujarnya Kamis 3 Agustus 2023. 

Dia merinci untuk tahun ini realisasi pembangunan ruang kelas baru diwujudkan 24 unit dengan anggaran mencapai Rp7,1 miliar. Sementara pengerjaan ruang perpustakaan sebanyak 2 paket pekerjaan dengan dukungan anggaran sebesar Rp400 juta.

BACA JUGA:Jadwal Pembobotan Balon Kades di Kabupaten Tegal Digelar Serentak 15 Agustus, Ini Kriteria yang Dinilai

"Untuk pembangunan sarpras dan utilitas sekolah diwujudkan di 76 sekolah dengan dukungan anggaran sebesar Rp9,8 miliar. Dan untuk bangunan laboratorium diwujudkan di 5 satuan pendidikan SD dengan dukungan DAK sebesar Rp986 juta. Dan banguan ruang guru atau kepala sekolah dan TU  tahun ini hanya untuk satu SD dengan dukungan anggaran Rp200 juta," cetusnya. 

Adapun ontuk bangunan ruang UKS, sambung dia, bagi dua SD dukungan anggaran yang ada Rp160 juta.

"Anggaran terbesar tersedot untuk rehab sedang dan berat ruang kelas. Di mana tahun ini merambah 83 SD dengan dukungan anggaran sebesar Rp19,5 miliar."

"Sebenarnya baru tahun ini ada alokasi anggaran yang berasal dari DAU mandatory. Kami juga belum tahu apakan DAU Mandatory ini akan berlanjut di tahun depan. Setidaknya rehab sarpras yang tidak terback up DAK bisa diakomodir melalui alokasi DAU mandatory dan APBD II," ungkapnya.

BACA JUGA:Cetak Pemain Bola Kabupaten Tegal Berbakat, Persekat Dirikan Training Center

Pihaknya menyatakan untuk anggaran sarpras SF di tahun 2024 sudah direncanakan diusulkan melalui APBD II sebesar Rp21 miliar. 

"Untuk dukungan anggaran dari DAK dan DAU Mandatory baru bisa diketahui besarannya di bulan Oktober mendatang," tegasnya. * 

Sumber: