5 Mitos Arca Durga di Candi Prambanan, Konon Bikin Jodoh Dekat, Siapakah Sosoknya?

5 Mitos Arca Durga di Candi Prambanan, Konon Bikin Jodoh Dekat, Siapakah Sosoknya?

Sosok Dewi Durga di balik arca Roro Jonggrang di Candi Prambanan--

RADAR TEGAL - Candi Prambanan adalah candi yang terkenal karena legenda Roro Jonggrang. Bahkan, salah satu arca di sana konon adalah Roro Jonggrang yang dikutuk Bandung Bondowoso untuk melengkapi jumlah candi.

Namun, sebenarnya Candi Prambanan bukanlah dibangun sebagaimana legenda tersebut, melainkan untuk persembahan kepada dewa Trimurti dalam agama Hindu. Karena itu, ditemui tiga candi induk beserta masing-masing candi wahananya.

BACA JUGA:Konon Dijaga Makhluk Berumur Ratusan Tahun, Inilah 3 Fakta Menarik Candi Pringapus

Arca Roro Jonggrang di Candi Prambanan, tepatnya di candi induk, Candi Siwa, sebenarnya adalah arca Durga, pasangan atau shakti-nya Siwa. Konon, pancaran cahaya dari arcanya saat bulan purnama dapat mempertemukan seseorang dengan jodoh yang tepat.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu candi yang terkenal di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa. Melansir dari kanal youtube ASISI Channel berikut informasi mengenai sosok Dewi Durga di balik mitos arcanya yang bawa jodoh di Candi Prambanan

BACA JUGA:Hati-Hati! Harus Jaga Sikap Jika Berkunjung ke 7 Candi Paling Mistis di Indonesia

5 Mitos arca Durga di Candi Prambanan

1. Bukan arca Roro Jonggrang

Salah satu elemen penting di dalam candi-candi beraliran Siwa adalah adanya sosok Durga, yang biasanya diletakkan di sisi utara. Salah satunya, di sisi utara Candi Prambanan, ada arca legendaris Roro Jonggrang. 

Nama Roro Jonggrang memiliki arti 'wanita yang berpinggang ramping' sesuai dengan bentuk arcanya. Arca tersebut sebenarnya adalah Durga, bukan Roro Jonggrang. 

Selain itu, arca Durga juga ditemukan di Candi Sukuh, Karanganyar. Anehnya, Durga di Candi Sukuh memiliki taring, berambut gimbal, dan memimpin bala tentara roh jahat. 

BACA JUGA:3 Mitos Candi Sukuh, Konon sebagai Ruwatan Majapahit Pasca Perang Paregreg

2. Shakti atau pasangan dari Dewa Siwa

Masyarakat Jawa Kuno yang beraliran Siwa memercayai adanya dewa. Dewa dalam aktivitasnya membutuhkan energi yang disebut shakti.

Sumber: youtube asisi channel