Mitos Penamaan dan Terbentuknya Sungai Serayu, Erat Kaitannya dengan Karakter Wanita

Mitos Penamaan dan Terbentuknya Sungai Serayu, Erat Kaitannya dengan Karakter Wanita

Mitos penamaan dan terbentuknya Sungai Serayu-YouTube/Mas Faiq-

Jika digabungkan, nama Sungai Serayu berarti memiliki makna ‘Anda yang berparas cantik’ atau ‘kepala dengan wajah yang cantik’. Meski memiliki arti nama yang begitu indah, ada cerita yang melatarbelakangi penamaan Sungai Serayu ini.

Diceritakan saat pemerintahan Kasunan Demak Bintoro, ada seorang sunan sakti yang menguasai ilmu agama.

Ia merupakan anggota Wali Sanga yang bernama Sunan Kalijaga. Sunan tersebut adalah putra Tumenggung Wilwatikta dari Kadipaten Tuban, yang juga dikenal sebagai Raden Said.

BACA JUGA : Dibalik Mitosnya, Simak 7 Fakta tentang Candi Prambanan, Ternyata Nama Aslinya Jarang Diketahui Orang

Sunan Kalijaga bertanggung jawab dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Ia sering menghabiskan waktu untuk mengembara dan tinggal dari satu tempat ke tempat lain.

Saat perjalanannya, ia berhenti di tepian sungai yang lebar dan dalam. Saat itu ia melihat ada kepala wanita berwajah cantik yang muncul dari tengah-tengah permukaan sungai. Dari peristiwa itulah, Sunan Kalijaga menamakan sungai tersebut sebagai Sungai Serayu.

Kesimpulan

Ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil berdasarkan mitos penamaan dan terbentuknya Sungai Serayu.

1) Sungai Serayu bisa diartikan sebagai mozaik laku transendental Bima yang sedang ingin memahami ilmu asal dan tujuan hidup atau disebut sangkan paraning dumadi.

Ilmu ini adalah kunci untuk mendapatkan pemahaman ilmu manunggaling kawula Gusti, yang merupakan gerbang atau pintu menuju paripurnaning dumadi (asal usul manusia).

2) Sementara itu, berdasarkan penamaan Sungai Serayu, sungai yang diartikan sebagai karakter wanita yang umumnya memiliki sifat lembut, jernih, bening.

Sebab sungai ini dianggap sebagai karakter wanita, maka Sungai Serayu tidak seperti kebanyakan sungai lainnya yang ada di Indonesia.

Sungai lain umumnya berhulu dari kaki gunung berapi, berkarakter garang serta bisa menimbulkan banjir lahar dingin yang bisa merusak kelangsungan makhluk hidup dan sekitarnya.

Demikian informasi serta mitos tentang penamaan dan terbentuknya Sungai Serayu yang banyak dipercaya oleh masyarakat hingga sekarang. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang sungai satu ini. (*)

Sumber: