Bukan Yahudi! Ternyata Ini 2 Jawaban Simbol Bintang Daud di Candi Tegowangi

Bukan Yahudi! Ternyata Ini 2 Jawaban Simbol Bintang Daud di Candi Tegowangi

--

Misalnya, dalam aliran tantra, bertemunya energi kundalini yang feminin dengan cakra sahasra yang maskulin dianggap sebagai bersatunya manusia dengan dewa. 

BACA JUGA:4 Mitos Hewan Ajaib di Candi Surowono, Salah Satunya Dikira Unicorn

2. Simbol shatkona

Prasasti dari Candi Tegowangi menyandang simbol yang menyerupai Bintang Daud. Simbol mirip Bintang Daud tersebut masih terkait dengan tema besar Candi Tegowangi, yakni penyatuan maskulin-feminin.

Unsur maskulinnya adalah Siwa yang digambarkan sebagai segitiga gunung, menyimbolkan api dan organ laki-laki. 

Sementara itu, unsur femininnya adalah pasangan Siwa, yang digambarkan segita terbalik, menyimbolkan alam dan air serta menyerupai rahim.

Dari pertemuan kedua unsur tersebut, lahirlah kehidupan. Simbol tersebut bernama shatkona, yakni shat berarti 'enam' dan kona berarti 'segi atau sudut'.

Kuil-kuil kuno di anak benua India pun banyak dihiasi shatkona seperti Kuil Kataragama di Sri Lanka dari abad 1 SM jauh sebelum Candi Tegowangi dibangun. Namun, satu-satunya shatkona di Indonesia hanya ada di candi tersebut.

BACA JUGA:Takjub! 4 Mitos Air Keabadian Petirtaan Jolotundo, Terinspirasi dari Mitologi Samudramanthana

Di bawah bintang shatkona, terdapat hiasan naga dan kura-kura, yang melambangkan kisah pengadukan samudra atau Samudramanthana. 

Bentuk kura-kura dengan belitan naga juga terdapat dalam Candi Simping di Blitar, yang diduga tempat pendharmaan Dyah Wijaya, yakni pendiri Majapahit.

Demikian, informasi mengenai 2 jawaban dari misteri simbol Bintang Daud di Candi Tegowangi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang mitos dan kisah mistis di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa.***

Sumber: youtube asisi channel