2 Keunikan Candi Tegowangi, Keterikatan dengan Dunia Bawah dan Kisah Ruwat

2 Keunikan Candi Tegowangi, Keterikatan dengan Dunia Bawah dan Kisah Ruwat

Relief Kisah Sudamala di Candi Tegowangi: Dewi Kunti meminta bantuan Bathari Durga di Setra Gendamayit--travelingyuk.com

RADAR TEGAL - Candi pada umumnya memiliki bagian utuh dari kaki hingga atapnya. Namun, Candi Tegowangi justru unik karena hanya memiliki kaki candi yang menggambarkan dunia bawah. 

Candi Tegowangi dulu pernah mengalami keruntuhan hingga tersisa kaki candinya, tetapi ada juga pendapat lain bahwa candi ini belum selesai pembuatannya. Uniknya, relief cerita disajikan detail dan padat, termasuk kisah tentang ruwat. 

BACA JUGA:4 Mitos Hewan Ajaib di Candi Surowono, Salah Satunya Dikira Unicorn

Candi Tegowangi sendiri tidak berangka tahun sebagaimana candi-candi zaman Majapahit. Namun, dugaan paling umum didasarkan pada Pararaton (1600 M), yakni bahwa candi ini adalah pendharmaan Bhre Matahun, kerabat Raja Hayam Wuruk.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal beberapa mitos yang terkenal di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa. Melansir dari kanal youtube ASISI Channel berikut informasi mengenai 2 keunikan Candi Tegowangi yang terikat dengan dunia bawah dan kisah ruwat. 

BACA JUGA:Relief Penuh Dualisme, Inilah 3 Kisah Magis Era Akhir Majapahit di Candi Surowono

2 Keunikan Candi Tegowangi

1. Relief berisi kisah ruwat

Candi ini memahat relief dengan Kisah Sudamala, yakni kisah ruwat yang melepas kemalangan dan menyucikan kembali, yang sangat populer pada masa akhir Majapahit.

Dewi Kunti meminta bantuan Bathari Durga di Setra Gendamayit, agar Pandawa menang melawan Kurawa. Bathari Durga pun menyetujuinya dengan syarat anak bungsu Dewi Kunti, Sadewa, ditumbalkan untuknya. 

Dewi Kunti yang dirasuki Kalika, tangan kanan Bathari Durga, bertemu dengan kelima Pandawa. Ia menyeret Sadewa untuk dipersembahkan kepada Bathari Durga.

BACA JUGA:Demonologi Nusantara Lebih Seram dan Bahaya, Inilah 5 Fakta Hantu Jawa Kuno

Sadewa yang diiringi Punakawan diikat ke pohon serta dikelilingi hantu dan siluman. Bathari Durga meminta Sadewa meruwatnya agar ia terbebas dari kutukan dewa dan kembali secantik bidadari. 

Sadewa pun menolak karena merasa tak punya kemampuan untuk meruwat hingga membuat murka Bathari Durga. Namun, muncul Bathara Guru atau Dewa Siwa yang menyelamatkan Sadewa.

Sumber: youtube asisi channel