4 Mitos Hewan Ajaib di Candi Surowono, Salah Satunya Dikira Unicorn

4 Mitos Hewan Ajaib di Candi Surowono, Salah Satunya Dikira Unicorn

--

Ada juga makhluk kedua yang telinganya sangat lebar, berkuku belah, kakinya berbulu seperti kambing, tetapi pendek. Sementara itu, ekornya mirip surai yang berkibar ke atas.

Hewan ketiga memiliki badan seperti kelinci, tetapi lehernya tinggi dan berparuh seperti burung. Bahkan, ada semacam sayap di punggungnya serta telinganya lebar dan tegak.

Hewan keempat bentuknya sangat mirip unicorn dan digambarkan dapat menyemburkan api. Bagian belakangnya tambun, ekornya surai dan kukunya tunggal seperti kuda, telinganya tegak dan lebar, serta ada sebuah tanduk yang indah menghias kepalanya.

3. Hasil imajinasi pemahat

Hadirnya sosok hewan-hewan ajaib di relief candi ini diduga merupakan hasil imajinasi leluhur dalam menghias candi, bukan sejatinya terjadi rekayasa genetika di masa lampau.

Hal ini mengingat juga bahwa hewan-hewan ajaib tersebut muncul sebagai bagian dari relief tentang kisah tantri atau fabel yang notabenenya memang bersifat fiktif. 

BACA JUGA:2 Tujuan Keberadaan Hantu Jawa Kuno dalam Demonologi Nusantara

4. Satwa surgawi di swargaloka

Dugaan lainnya, makhluk-makhluk ajaib tersebut adalah satwa surgawi, yang tidak terikat oleh standar lahiriah. Jadi, wajar jika bentuknya tidak seperti satwa pada umumnya.

Hal ini sama seperti dengan makhluk surgawi bernama kinara-kinari, yang berbadan setengah manusia setengah burung, yang sering dijumpai di banyak candi. 

Namun, swargaloka versi Candi Surowono ini tidak diramaikan oleh kinara-kinari dan pohon dewandaru sebagaimana candi-candi lain, melainkan hewan-hewan ajaib yang telah disebutkan sebelumnya.

Di setiap relief yang menggambarkan tahta surga, selalu ada makhluk hibrid di bawah Dewa Indra, sang penguasa kahyangan. 

Demikian, informasi mengenai mitos hewan ajaib di relief Candi Surowono. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin tahu tentang mitos dan kisah mistis di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa.***

Sumber: youtube asisi channel