Konon Portal ke Majapahit, Ini 5 Fakta Menarik Candi Lawang

Konon Portal ke Majapahit, Ini 5 Fakta Menarik Candi Lawang

--joglosemarnews.com

RADAR TEGAL - Ada candi di Boyolali yang diyakini sebagai gerbang magis menuju Majapahit. Candi yang letaknya tak jauh dari Candi Sari tersebut bernama Candi Lawang

Candi Lawang berlokasi di area pemukiman warga, tepatnya di Dusun Dangean, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. Berbeda dengan Candi Sari yang berukuran kecil, candi ini berukuran besar.

BACA JUGA:4 Fakta Candi Sari yang Mungil, Konon Jawa Tenggelam jika Lanjut Ekskavasi

Sayangnya, Candi Lawang sama seperti Candi Sari yang kondisinya sudah runtuh, bedanya hanya tersisa kaki dan gawang pintunya saja. Penggalian candi ini baru dilakukan setahun setelah ditemukan pada 1919 dalam keadaan terkubur di tengah area kebun kopi.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu candi yang terkenal di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Boyolali. Melansir dari kanal youtube ASISI Channel berikut informasi mengenai 5 fakta situs Candi Lawang.

BACA JUGA:Candi di Magelang Ini Diberi Nama Candi Asu Sengi, Padahal yang Ditemukan Arca Lembu Nandhi

5 Fakta situs Candi Lawang Cepogo

1. Dikelilingi tiga candi dengan satu alas tunggal

Situs candi ini dikelilingi beberapa pewara atau candi pengiring, di kiri dan kanan candi induk, berdenah bujur sangkar. Mereka menghadap ke arah yang sama dengan candi induk dan kemungkinan bentuknya juga sama jika belum runtuh.

Anehnya, candi pewara di depan induk, berdenah persegi panjang. Ketiga candi pewara ini berbagi lapik atau alas yang sama, dibuktikan dengan tangga masuknya yang juga berjumlah tiga buah.

Uniknya, konsep tiga candi pewara di atas satu alas tunggal ini juga dapat dijumpai di Candi Jawi, Pasuruan, Jawa Timur yang diduga pendharmaan Raja Kartanegara, sang penggagas awal penyatuan Nusantara. Sayangnya, semua candi pewara ini sudah rusak parah.

Padahal, seandainya situs ini masih utuh, candi induk akan dikelilingi candi pewara di segala penjuru dan menjadi Prambanan mungil di Boyolali.

BACA JUGA:Bukan Dibangun Semalam oleh Roro Jonggrang, Inilah Fakta dan Asal Usul Candi Prambanan

2. Waktu pembuatannya masih misteri

Sumber: youtube asisi channel