Seharian Penuh Nggak Makan, 4 Fakta Puasa Pati Geni dalam Tradisi Kejawen

Seharian Penuh Nggak Makan, 4 Fakta Puasa Pati Geni dalam Tradisi Kejawen

--theborneopost.com

RADAR TEGAL - Masyarakat Indonesia mayoritas dihuni oleh agama Islam dan suku Jawa. Karena itu, selain puasa Ramadan selama sebulan penuh, ada juga puasa pati geni

Puasa pati geni sendiri merupakan salah satu dari beberapa jenis puasa dalam tradisi Kejawen lainnya, seperti puasa mutih, puasa ngableng, puasa ngeluwang, dan puasa weton. Secara zahir atau bentuknya, puasa Kejawen ini tidak jauh berbeda dengan ibadah saum umat muslim. 

BACA JUGA:5 Mitos Jawa yang Masih Dipercaya sampai Sekarang, Terakhir Paling Serem

Namun, perbedaannya terletak dari durasi puasa tersebut berlangsung. Puasa Ramadan di Indonesia dimulai dari setelah Subuh hingga waktu Magrib dengan total waktu sekitar 13 jam, sedangkan puasa pati geni harus dilakukan tanpa sahur dan berbuka selama 24 jam penuh. 

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu tradisi Kejawen yang hingga kini masih dilakukan oleh orang Jawa. Melansir dari kanal youtube Tualang Brebes berikut informasi mengenai 4 fakta puasa pati geni.

BACA JUGA:8 Mitos Jawa Terkenal Sakral yang Melekat dan Selalu Dihindari Setiap Harinya, Awas Nomor 8 Pantang Dilakukan

4 Fakta mengenai puasa pati geni

1. Tujuan berpuasa pati geni

Puasa Kejawen ini bertujuan untuk memadamkan hawa nafsu dalam diri yang berkaitan dengan duniawi, seperti makan, minum, tidur, dan bicara. Sesuai namanya, pati berarti 'memadamkan' dan geni berarti 'api' dalam bahasa Jawa. 

Karena itu, istilah pati geni berarti 'memadamkan api'. Orang Jawa secara simbolis memaknai api yang membara sebagai hawa nafsu. 

BACA JUGA:5 Mitos Pernikahan Adat Jawa yang Perlu Diketahui, Weton Membawa Keberuntungan?

2. Manfaat yang dapat diperoleh

Keutamaan dari puasa ini adalah matinya hawa nafsu sehingga tidak akan mudah terpengaruh oleh godaan apapun, termasuk dari lawan jenis. Dalam kepercayaan Kejawen, mereka percaya jika puasa ini dapat mengabulkan keinginan pelaku yang sangat besar. 

Segudang manfaat lain juga dapat diperoleh dari puasa ini, seperti meningkatkan pesona, karisma, wibawa, mempermudah segala urusan di dunia, mendapatkan petunjuk dari Allah SWT soal jodoh atau pasangan, pendidikan, pekerjaan, dan lainnya. Bahkan, puasa ini dapat membantu memperoleh kekuatan spiritual ataupun kesaktian dari ilmu tertentu.

Sumber: youtube tualang jebres