Punya Kekayaan Rp64,5 Triliun, Dewi Kam Jadi Wanita Paling Tajir se ASEAN

Punya Kekayaan Rp64,5 Triliun, Dewi Kam Jadi Wanita Paling Tajir se ASEAN

Dewi Kam--

RADAR TEGAL - Nama Dewi Kam tengah menjadi pembicaraan saat ini. Hal ini menyusul terkuaknya total harta kekayaannya yang mencapai Rp64,5 triliun atau US$4,3 miliar.

Dengan jumlah tersebut, Dewi Kam pun menjadi wanita paling tajir se Asia Tenggara atau ASEAN. Lalu, siapa sebenarnya Dewi Kam? 

Ternyata wanita ini adalah pengusaha dan pemilik dari saham minoritas di perusahaan tambang batu bara PT Bayan Resources Tbk. Dia memiliki 10 persen saham minoritas di emiten berkode BYAN itu.

Meski minoritas, saham tersebut menjadi sumber kekayaan Dewi yang nilainya sempat naik hingga tiga kali lipat pada 2022 di tengah krisis energi global. Perusahaan itu diketahui dimiliki oleh Low Tuck Kwong, sosok orang terkaya di Indonesia.

Bisnis lain dari Dewi Kam adalah memiliki perusahaan PT Sumber Energi Sakti Prima (SSP). Lebih besar dari Bayan Resources, kepemilikan saham Dewi di perusahaan ini mencapai 91 persen. 

BACA JUGA:Desa Waturaka, Desa Terkaya Di Indonesia yang Punya Danau Tiga Warna

PT Sumber Energi Sakti Prima adalah perusahaan yang kepemilikan akhirnya dikuasai oleh Dewi Kam dan Richard Jasin.  Tidak hanya itu, Dewi tercatat merupakan pemegang saham Birken Universal Corporation dan Direktur Savill Universal Ltd yang berlokasi di Britisih Virgin Islands, dan pemegang saham Overseas Finance Ltd yang bertempat di Samoa. 

Dia juga menjadi nominee director Execorp Limited, dan nominee Shareholder Portcullis Nominees (BV) Limited, dan Sharecorp Limited. Saat tahun 2006 ketika Indonesia dan China melakukan kesepakatan kontrak proyek energi sebesar US$3,56 triliun.

Mengutip dari Dream.co.id, Dewi Kam juga masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2023. Harta dari wanita yang lahir pada tahun 1951 yang kini berusia 72 tahun itu jauh di atas wanita terkaya di Asia Tenggara lainnya.

Sementara dari Forbes Real Time Billionaires, Senin 24 Juli 2023, total harta kekayaan Dewi Kam saat ini mencapai atau Rp64,5 triliun (kurs Rp15.000 per dolar AS).

BACA JUGA:Siapa Mardiyah? Wanita Terkaya di Tegal Ini Ternyata Tinggal di Desa Bandasari Kecamatan Dukuhturi

Harta kekayaan Dewi di tahun 2023 naik dibandingkan tahun 2022 yang mencapai US$2 miliar. Di tingkat global, dia masuk sebagai miliarder dunia di peringkat 672.

Sedangkan wanita tajir di ASEAN seperti Somurai Jaruphnit asal Thailand mempunyai kekayaan di bawah Dewi Kam sebesar US$3,9 miliar. Disusul oleh Teresita Sy-Coson asal Filipina dengan kekayaan senilai US$2,4 miliar. ***

Sumber: dream.co.id.