Desa Waturaka, Desa Terkaya Di Indonesia yang Punya Danau Tiga Warna

Desa Waturaka, Desa Terkaya Di Indonesia yang Punya Danau Tiga Warna

Danau Tiga Warna, Kelimutu--pinterest.com

RADAR TEGAL - Kekayaan alam Indonesia memang sangat berlimpah. Tersebar di seluruh nusantara dari Sabang sampai Merauke. 

Sungguh sayang jika kekayaan alam ini tidak dikelola dengan baik. Desa Waturaka sebagai salah satu desa terkaya di Indonesia memberi contoh untuk melestarikan, mengolah potensi dan kekayaan alam Indonesia dengan baik. 

Melansir dari kanal youtube Daftar Populer, berikut sederet informasi terkait Desa Waturaka. 

Desa Waturaka dan Danau Tiga Warna

BACA JUGA:Desa Unik Muara Enggelam: Pesona Desa Terapung di Tengah Danau Melintang

Desa Waturaka terletak di Kecamatan Kelimutu, Kabuparen Badung, Nusa Tenggara Timur. Desa ini berada persis di samping jalan raya utama menuju Danau Tiga Warna Kelimutu. 

Sebagai salah satu desa terkaya di Indonesia, ironisnya, Nusa Tenggara Timur yang merupakan provinsi keberadaan desa ini masuk dalam urutan ke-3 provinsi termiskin di Indonesia. 

Kejayaan desa ini hingga menjadi desa terkaya tentu bukanlah hal yang mudah. Desa ini bukanlah desa yang memang sudah kaya sejak dahulu. 

Kegigihan Ignasius Leta Odja dalam membenahi desanya 

Awalnya, penduduk desa ini bekerja sebagai petani tradisional. Namun, berkat inisiatif salah satu warga yang bernama Ignasius Leta Odja, di tahun 2011, ia mulau membenahi desanya. 

Warga yang akrab dipanggil Sius ini melihat adanya potensi desa ini sebagai desa Ekowisata. Hal ini karena desa ini memiliki Danau Tiga Warna Kelimutu. 

Apa yang dilakukan oleh Sius tidak langsung diterima dan didukung oleh warga setempat. Bahkan awalnya ia dianggap gila. Namun, Ignasius tidak menyerah begitu saja. 

Ketika Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Swisscontact datang, Sius mulai mendapat bantuan. Lembaga tersebut melakukan pendampingan di desanya pada tahun 2012. 

Kerja keras Sius bersama semua warga demi membangun desa yang lebih baik

Sumber: youtube daftar populer