Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, dari Sumatera Selatan Hingga Banda Aceh

Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, dari Sumatera Selatan Hingga Banda Aceh

Ilustrasi Jembatan Ampera-Muhammad Adib-

RADAR TEGAL  –   Kota tertua di Indonesia merupakan suatu entitas kota yang telah berdiri sejak zaman kuno dan melewati berbagai periode sejarah, bahkan sebelum Indonesia ada. 

Keberadaan kota tertua di Indonesia ini membantu menggambarkan pentingnya pemahaman mengenai asal-usul peradaban masa silam. 

Sebagai cikal bakal peradaban, kota tertua di Indonesia menjadi saksi bisu perubahan zaman. Keberadaan kota-kota tertua ini dapat dibuktikan oleh prasasti maupun sejumlah peninggalan sejarah. Beberapa kota ini juga kental dengan sosok dan sejarah berdirinya. 

Berikut ini adalah informasi mengenai kota tertua di Indonesia yang dilansir dari kanal YouTube "Icon Of Indonesia" oleh Radar Tegal.

BACA JUGA:Gak Cuma Jakarta, Ini 3 Daerah yang Pernah Menjadi Ibu Kota Indonesia, Salah Satunya Kota Pelajar

Ini 5 kota tertua di Indonesia

Palembang

Kota Palembang dinobatkan sebagai kota tertua di Indonesia. Hal ini berdasarkan perhitungan dari prasasti Sriwijaya atau yang dikenal sebagai Prasasti Kedudukan Bukit, pada 16 Juni 682 Masehi. 

Kota yang dikenal dengan makanan khas pempek ini berumur setidaknya 1.341 tahun. Pada saat itu, oleh penguasa Sriwijaya, didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai Kota Palembang. 

Menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air. Karena kondisi inilah, masyarakat di kota ini menamakannya Palembang, yang artinya suatu tempat yang digenangi oleh air.

Salatiga 

Ada beberapa sumber yang dijadikan dasar untuk mengungkapkan asal-usul Salatiga sebagai kota tertua di Indonesia. Dari beberapa sumber tersebut, prasasti Plumpungan dijadikan dasar asal-usul Kota Salatiga. 

Berdasarkan prasasti ini, hari jadi Kota Salatiga ditetapkan pada tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi. Kota yang masuk dalam provinsi Jawa Tengah ini berumur 1.273 tahun. 

BACA JUGA:Wisata Kota Tarempa: Surga Tersembunyi di Kepulauan Anambas

Sumber: icon of indonesia