Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, dari Sumatera Selatan Hingga Banda Aceh

Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, dari Sumatera Selatan Hingga Banda Aceh

Ilustrasi Jembatan Ampera-Muhammad Adib-

Kota Salatiga terletak di tengah-tengah Kabupaten Semarang dan dikelilingi oleh Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Pegunungan Gajah Mungkur, dan Gunung Ungaran.

Kediri 

Kota tertua di Indonesia selanjutnya adalah Kota Kediri yang berdiri pada 27 Juli 879 Masehi dan pada tahun 2023 akan berumur 1.144 tahun. Dari sisi usia, kota tahu takwa ini sudah cukup senior di antara kota-kota lain di Jawa Timur. 

Sementara itu, Kota Kediri berdiri sebagai pemerintahan daerah kota berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 1950. Jika mengacu pada undang-undang tentang pembentukan pemerintah kota, Kediri tersebut saat ini berumur 72 tahun.

Magelang 

Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Magelang memiliki hari jadi pada 11 April 907 Masehi. Hal tersebut didasarkan dari Prasasti Poh, Prasasti Mantyasih dan Prasasti Gilikan.

Ketiganya merupakan prasasti yang ditulis di atas lempengan tembaga. Nama Magelang sendiri bertolak belakang dari berbagai sumber seperti cerita rakyat, dongeng, legenda, dan sebagainya. 

Kata Magelang berawal dari "gelang" yang mendapat awalan "Ma" yang menyatakan kata kerja memakai atau menggunakan. Maka, Kota Magelang berarti "memakai gelang."

BACA JUGA:Jalan-jalan Sambil Mengenang Sejarah, Inilah 3 Lokasi Kota Tua di Jawa Tengah

Banda Aceh

Kota tertua di Indonesia yang terakhir adalah Kota Banda Aceh dibangun oleh Sultan Johansyah pada hari Jumat satu Ramadan 61 Hijriah atau 22 April 125 Masehi. 

Kota Banda Aceh kini telah berusia 818 tahun dan menjadi salah satu kota Islam tertua di Asia Tenggara. 

Kota Banda Aceh juga memerankan peranan penting dalam penyebaran Islam ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kota ini juga dikenal sebagai Serambi Mekah.

Nah, itu dia 5 kota tertua di Indonesia. Melalui peninggalan bersejarahnya, kota-kota ini menyimpan kisah yang tak ternilai harganya bagi perkembangan dan identitas budaya.***

Sumber: icon of indonesia