Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

--by Gramedia.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia pada bulan Agustus nanti akan memasuki usia 78 tahun, tetapi ternyata ada kota yang usianya melebihi usia Indonesia dan kota tersebut dinobatkan sebagai kota tertua di Indonesia. 

Bahkan, kota tertua di Indonesia ini sudah menginjak usia ribuan tahun. Sehingga tidak heran menjadi kota tertua di Indonesia.

Kota tertua di Indonesia ini memiliki cerita dan sejarah dibalik pendiriannya. Penamaan kotanya pun memiliki makna tersendiri. 

Dilansir dari kanal YouTube Agra Media, terdapat beberapa kota tertua di Indonesia dan radartegal.disway.id sudah merangkumnya untuk Anda. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Ini 5 Tradisi Unik di Indonesia, Ada yang Bisa Membuat Wanita Menjadi Cantik

1. Palembang

Palembang dinobatkan sebagai kota tertua pertama di Indonesia. Kota Palembang didirikan pada 16 Juni 682 masehi dan sekarang sudah berusia 1.340 tahun.

Pada masa Kerajaan Sriwijaya, Kota Palembang dijuluki Venesia dari timur, karena dulunya merupakan pusat kekuatan maritim terbesar di Asia Tenggara.

Penamaan Kota Palembang berasal dari bahasa Melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat, sedangkan lembang artinya tanah yang rendah. Penamaan ini karena tipografi Palembang yang dikelilingi oleh air.

2. Salatiga 

Kota Salatiga menjadi kota tertua kedua di Indonesia setelah kota Palembang. Salatiga didirikan pada 24 Juli 750 masehi dan akan memasuki usia 1.273 tahun.

Menurut cerita yang berkembang, penamaan Salatiga memang berasal dari tiga kesalahan, yaitu kikir, sombong, dan menyengsarakan rakyat. 

Tiga kesalahan itu dilakukan oleh Bupati Ki Ageng Pandan Arang alias Pandanaran yang saat itu gemar memuaskan diri dengan kekayaan hingga membuat rakyatnya sengsara. 

3. Malang

Sumber: youtube.com/agra media