Mengungkap 5 Mitos dan Misteri Kota Kediri, Presiden Jangan ke Sini!

Mengungkap 5 Mitos dan Misteri Kota Kediri, Presiden Jangan ke Sini!

Mitos dan misteri Kota Kediri--pinterest.com

RADAR TEGAL - Kota Kediri merupakan kota tertua ketiga yang ada di Indonesia. Banyak orang bilang bahwa kota ini termasuk kota sakral.  

Kota Kediri sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan menguasai nusantara.

Karena terkenal dengan sebutan kota sakral, tidak heran kalau kota ini punya banyak mitos dan kisah misteri sampai saat ini. Bahkan, semua mitos dan misteri itu banyak masyarakat percayai dan perbincangkan.

Selain itu, Kota Kediri juga berada di tengah-tengah antara Gunung Kelud dan Gunung Wilis. Dua gunung itu banyak orang percaya memiliki misteri dan mitosnya masing-masing. 

BACA JUGA:Mitos Ramalan Jayabaya yang Berkaitan dengan Gunung Slamet, Apa yang Akan Terjadi dengan Pulau Jawa?

5 Mitos dan misteri Kota Kediri

Keberadaan dua gunung yang penuh misteri itu konon berkaitan dengan mitos dan misteri Kota Kediri. Melansir dari kanal youtube Larasati Channel, berikut informasi terkait mitos dan misteri Kota Kediri. 

1. Kutukan untuk presiden 

Konon katanya, presiden yang mendatangi Kota Kediri akan mendapat kutukan. Bentuk kutukan tersebut adalah lengsernya jabatan yang ia miliki. 

Awal dari mitos ini adalah saat zaman Kerajaan Kalingga yang pemimpinnya adalah Raja Kartikeyasingha, suami Ratu Shima. 

Saat itu, raja membuat kitab berisi hukum pidana pertama di nusantara. Kitab tersebut bernama Kalingga Dharmasastra yang terdiri dari 119 pasal.  

Selain itu, Raja Kartikeyasingha juga memberi kutukan untuk siapapun pemimpin negara yang tidak suci, yang masuk ke Kota Kediri. Bahwa ia, pemimpin yang tidak suci itu jabatannya akan jatuh. 

Akhirnya, masyarakat percaya akan kutukan ini dan presiden pun menghindari kunjungan ke kota ini. 

Mitos ini konon ada kaitannya dengan lengsernya Presiden Soekarno, BJ. Habibie, dan Gus Dur tidak lama setelah mereka mengunjungi Kota Kediri. 

Sumber: youtube larasati channel