Gak Cuma Jakarta, Ini 3 Daerah yang Pernah Menjadi Ibu Kota Indonesia, Salah Satunya Kota Pelajar

Gak Cuma Jakarta, Ini 3 Daerah yang Pernah Menjadi Ibu Kota Indonesia, Salah Satunya Kota Pelajar

-Al Fariz-

RADARTEGAL.DISWAY.ID –  Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki sejarah yang kaya dan beragam dalam pembentukan ibu kota negaranya. Seiring perjalanan waktu dan peristiwa sejarahnya, terdapat beberapa daerah yang pernah menjadi ibu kota Indonesia

Setiap daerah yang pernah menjadi ibu kota Indonesia itu menyimpan cerita dan peninggalan berharga yang mencerminkan perkembangan bangsa dan identitasnya. 

Salah satu daerah yang pernah menjadi ibu kota Indonesia pertama adalah Batavia, sekarang dikenal sebagai Jakarta. Kota ini merupakan pusat pemerintahan Hindia Belanda dan menjadi tempat bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. 

Berikut adalah informasi mengenai 3 daerah yang pernah menjadi ibu kota Indonesia, dilansir dari kanal YouTube Creative Hamdi oleh radartegal.disway.id.  

BACA JUGA:Ini Kota Paling Aman di Indonesia, 3 di Antaranya Terkenal, Loh!

3 daerah yang pernah menjadi ibu kota Indonesia

Pemindahan ibu kota negara bukanlah hal yang baru dalam sejarah perjuangan merebut kemerdekaan. Sejak tahun 1946 hingga 1949, ibu kota Indonesia sudah mengalami tiga kali pemindahan. Berikut adalah nama daerah yang pernah dijadikan sebagai ibukota negara.

Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai "Kota Pelajar" dan "Kota Budaya" adalah salah satu daerah yang pernah menjadi ibu kota Indonesia selama periode Revolusi Nasional. Yogyakarta sempat menjadi ibu kota negara pada masa perjuangan mulai dari 4 Januari 1946 hingga 17 Desember 1949. 

Sri Sultan Hamengkubuwono IX mengusulkan untuk sementara memindahkan ibu kota ke Yogyakarta dan usulan tersebut akhirnya diterima oleh Presiden Soekarno. Mulai 4 Januari, ibu kota resmi dipindahkan dari Jakarta ke Yogyakarta.

Meskipun hanya berperan sebagai ibu kota sementara, Yogyakarta memiliki nilai historis yang signifikan. Pada tahun 1949, berdasarkan Konferensi Meja Bundar, Indonesia akhirnya mendapatkan pengakuan internasional atas kemerdekaannya dan Jakarta tetap menjadi ibu kota negara.

Meskipun tidak lagi menjadi ibu kota, Yogyakarta tetap memegang peran penting sebagai pusat pendidikan, seni, dan budaya. Keberadaan kraton dan kebudayaan tradisionalnya menarik banyak wisatawan dan menjadi bagian penting dari warisan budaya Indonesia.

BACA JUGA:7 Kota Asing yang Mirip Kota di Indonesia, Ternyata Bali Hampir Serupa

Bukittinggi 

Sumber: https://youtu.be/v9fidwp8tfq