Sudah Ada Sejak Tahun Masih Tiga Digit, Inilah Daftar 7 Kota Tertua di Indonesia

Sudah Ada Sejak Tahun Masih Tiga Digit, Inilah Daftar 7 Kota Tertua di Indonesia

Kota tua di Palembang, salah satu kota tertua di Indonesia--Davestpay.com

RADAR TEGAL, peradaban Indonesia memiliki sejarah panjang. Jauh sebelum sekarang, sudah ada kehidupan masyarakat yang mungkin ada sisa jejaknya sampai saat ini. Hal ini bisa dilihat dalam 7 kota tertua di Indonesia.

Kota tertua di Indonesia sudah membangun peradaban sejak zaman kerajaan. Jauh berbeda dengan masyarakat yang kita hidup dan kenal sekarang ini. Kota-kota ini sudah lebih dahulu ada, mungkin sejak daerah lain di Nusantara masih hutan belantara.

Di antara kota tertua di Indonesia ini, ada corak khasnya masing-masing. Beberapa juga memiliki pengaruh yang kuat di masa lalu. Inilah 7 kota tertua di Indonesia yang patut diketahui.

1. Palembang

Salah satu kota tertua di Indonesia adalah Palembang. Kota ini sudah ada sejak 683 Masehi. Kota yang berlokasi di provinsi Sumatra Selatan ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Medan. Palembang dihuni 1,7 juta orang.

Menurut sejarah, Palembang dahulunya adalah ibukota kerajaan bahari Buddha yang terbesar di Asia Tenggara. Orang-orang dari berbagai daerah pun datang dan membangun kehidupan di kota ini.

BACA JUGA:Memiliki Arti Genangan Air, Ini Asal Usul Nama dan Sejarah Kota Palembang

2. Malang

Kota yang berlokasi di Jawa Timur ini sudah ada sejak 760 Masehi, tepatnya pada tanggal 28 November. Malang adalah kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Ada 4 juta jiwa yang menghuni kota ini.

Besarnya kota Malang juga dipengaruhi oleh hadirnya administrasi Hindia Belanda pada masa kolonial. Sehingga, ada pembangunan seperti jalur kereta api pada 1879.

3. Kediri

Kediri sudah ada sejak 879 Masehi. Kota di daerah Jawa Timur ini menjadi pusat perdagangan gula dan rokok terbesar. Kota ini punya peninggalan bersejarah dari zaman kerajaan, yaitu candi dan arca.

Kota Kediri terkenal sebagai pusatnya Kerajaan Singasari. Sementara itu, di zaman sekarang, Kediri terkenal dengan bangunan monumen yang mirip arc de triomphe di Paris. Monumen ini pun menjadi ikon Kota Kediri.

4. Magelang

Sumber: https://youtu.be/kanbzbucycm