Film Mbutik Karya Orang Brebes Tayang Perdana di Bioskop Kamis 1 Juni 2023, Catat Jadwalnya!

Film Mbutik Karya Orang Brebes Tayang Perdana di Bioskop Kamis 1 Juni 2023, Catat Jadwalnya!

Film Mbutik-Tangkapan Layar-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Film Mbutik karya orang Brebes tayang perdana di bioskop, Kamis, 1 Juni 2023 besok. Film yang mengangkat kearifan lokal petani Brebes ini mendapat apresiasi tinggi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes. 

Selain mengharumkan nama daerah di kancah nasional, film ini juga berhasil membawa nama Brebes ke dunia internasional. Prestasi ini tentunya menjadi sesuatu yang membanggakan dari daerah penghasil bawang merah ini.

Dalam film yang digagas oleh sutradara dan pemain asal Brebes ini, bawang merah asli Brebes diperkenalkan dengan menarik.

Rizal Wimba, sang sutradara mengatakan, film yang berdurasi 90 menit itu menceritakan kehidupan para petani bawang merah di Kabupaten Brebes dengan segala suka dukanya. Film ini berawal ide dari kegelisahan dan kenangannya tentang era kemajuan bawang merah.

Saat dia SMA dulu, bawang merah merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar di Brebes. Setelah itu, ia bersama teman-teman menggarap film yang mengangkat kearifan lokal.

“Jadi apa yang ada di film ini berdasarkan yang dipikirkan saya dan teman-teman,” ungkapnya.

BACA JUGA:Cupid Viral! FIFTY FIFTY Segera Jadi Salah Satu Pengisi Soundtrack Film Barbie

Dia mengatakan, artis dari film tersebut merupakan asli warga Kabupaten Brebes. Film ini dibuat dengan persiapan yang lebih lama dari biasanya karena memiliki kesulitan yang lumayan banyak. Salah satunya adalah proses adaptasi pemain.

“Film ini sangat mandiri, mulai dari teman-teman talent-nya dari Brebes. Film ini kami buat sebagai kontribusi anak-anak muda untuk Kabupaten Brebes,” jelasnya.

Pj. Bupati Brebes Urip Sihabudin melalui Asisten 1 Sekda Brebes saat Gala Premier film berjudul ‘Mbutik’ di bioskop CGV Transmart Tegal, belum lama ini memberikan apresiasinya untuk film ini. Film Mbutik sendiri akan tayang di bioskop tersebut mulai 1 sampai 8 Juni 2023.

Film yang banyak mendapat penghargaan internasional itu, mendapatkan berbagai apresiasi dari berbagai kalangan. Mulai dari Pemkab Brebes, DPRD dan tentunya masyarakat Brebes.

Apalagi berbagai penghargaan juga telah didapat oleh film ini. Penghargaan yang pernah diterima antara lain 4th Dimensions Independent Film Festival, Lensfame International Film Festival, Swedish International Film Festival, dan pemenang film feature di India.

BACA JUGA:Cantik Memukau di Cannes Film Festival 2023, Raline Shah Baca Bismillah

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Caridah mengatakan, film ini menggali potensi tentang kearifan lokal di Kabupaten Brebes. Karena bawang merah adalah ikonnya Kabupaten Brebes.

Sumber: