Pernah Jaya! Ini 5 Bioskop Legendaris di Tegal yang Mengalami Kebangkrutan

Pernah Jaya! Ini 5 Bioskop Legendaris di Tegal yang Mengalami Kebangkrutan

bioskop legendaris kota tegal--

TEGAL,radartegal.id- Pada 1950-an hingga tahun 1970-an, wilayah Tegal yang terkenal dengan aroma teh yang semerbaknya ini ternyata pernah dibanjiri gedung bioskop yang hampir ada di setiap sudut-sudut kota. Namun mengalami kebangkrutan dan gulung tikar.

Pada saat itu masyarakat kota dijanjakan oleh pebisnis biokop yang mengusung film-film baik yang berasal dari produksi dalam negeri maupun dari mancanegara. Kebangkrutan gedung-gedung bioskop di wilayah Kota Tegal dan Kabupaten Tegal, cukup bikin masyarakat kehilangan hiburan berupa asupan tontonan film.

Bioskop yang mengalami kebangkrutan ini dulunya di ramaikan dengan film-film impor yang membuat masyarakat di setiap malam berbondong-bondong mengunjungi bioskop-bioskop yang ada di setiap sudut kota tegal.

Ada kelas golongan menengah ke bawah dan ada gedung bioskop yang secara khusus diperuntukan bagi kaum jekset. hal ini yang menjadikan beberapa orang merasa kehilangan dengan kebangkrutan bioskop yang ada di Tegal tersebut. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Dahulunya Halte, Sejarah Stasiun Kereta Api di Slawi Menjadi Bukti Dibukanya Jalur Lintas Tegal-Slawi

BACA JUGA: Berusia Lebih Dari 1 Abad, Berikut Sejarah Gereja Kristen Jawa Pepanthan Muarareja Tegal

5 Bioskop Legendaris Kota Tegal Yang Mengalami Kebangkrutan 

                                         

1. Bioskop Dewi dan Bioskop Riang 

Dua biokop ini banyak dikunjungi oleh orang-orang berkantong tebal. Sementara bagi masyarakat yang cupet pendapatan, mereka hanya mampu mengunjungi gedung-gedung bioskop berkelas pinggiran. 

Seperti misalnya mengunjungi bioskop-bioskop Dewa yang lebih banyak memutar film-film Bollywood dan film-film nasional yang sudah sekian lama diputar pada bioskop-bioskop berkelas.

Dua pembagian kelas sosial ini sepertinya menandai antara dua golongan kelas rendahan dan gedongan. Tidak tahu mengapa terjadi pengkotak-kotakan seperti itu, yang jelas saja pada zaman itu real adanya.

2. Bioskop REX (Dewa) dan ROXY (Dewi)

Bioskop REX dan ROXY adalah dua gedung bioskop pertama di Tegal yang hadir pada tahun 1930an. Meski catatan yang pasti tentang siapa yang lebih dulu beroperasi tidak ada, namun keduanya telah memberikan sumbangsih bagi perkembangan perfilman di wilayah Hindia Belanda.

Sumber: