Marak Aksi Tawuran, Ratusan Massa di Kabupaten Tegal Demo Pemkab

Marak Aksi Tawuran, Ratusan Massa di Kabupaten Tegal Demo Pemkab

Ratusan massa menggelar unjuk rasa di depan kantor Pemkab Tegal terkait maraknya aksi tawuran.-Yeri Noveli-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID – Aksi tawuran antar pelajar marak di Kabupaten Tegal. Bahkan, imbas tawuran itu, nyawa seorang siswa melayang.

Untuk mencegah aksi tawuran, ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan Anti Kekerasan (AMPAK) Kabupaten Tegal menggelar unjuk rasa, Kamis 16 Maret 2023.

Aksi itu diawali longmarch dari Gedung Korpri ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tegal kemudian ke kantor Pemkab Tegal.

Koordinator Aksi, Toipin mengatakan unjuk rasa ini merupakan bentuk keprihatinan masyarakat terhadap pendidikan yang gagal menjalankan tugas dan fungsinya.

BACA JUGA:120 Juru Parkir di Kabupaten Tegal Digembleng Soal Keselamatan

"Ada empat poin tuntutan yang kami layangkan kepada Bupati, Ketua DPRD dan Dinas Dikbud Kabupaten Tegal," kata Toipin.

Keempat tuntutan itu yakni, meminta agar pemerintah mencabut izin sekolah yang siswanya terlibat tawuran. Kemudian, kepala sekolah yang tidak mampu mendidik siswanya supaya dipecat. Terlebih jika siswanya terlibat tawuran.

Selain itu, AMPAK juga mendesak Bupati Tegal untuk merekomendasikan ke Gubernur agar menutup SMA atau SMK yang bermasalah.

"Kami juga meminta agar kewenangan SMA dan SMK dikembalikan lagi ke daerah," tegasnya.

BACA JUGA:Kereen! Busana Adat Pengantin Kabupaten Tegal Dipatenkan

Saat melakukan unjuk rasa itu, ratusan massa ditemui oleh Asisten Sekda Fakihurrohim, Ketua Komisi IV DPRD dan Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal.

"Sebenarnya kami kecewa karena aksi keprihatinan kami tidak ditemui Bupati. Padahal, sebelum melakukan aksi, kami sudah memberitahukan kepada para pimpinan daerah," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal, Wasari saat menemui pendemo mengucapkan terima kasih atas kepeduliannya terhadap suasana pendidikan yang kondusif.

BACA JUGA:Soal Galian C Margasari Jadi Perdebatan Sengit di Kantor DPRD Kabupaten Tegal

Sumber: