Catat Mom! Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak dan Tips Aman Konsumsi Obat dari Kemenkes

Catat Mom! Gejala Gagal Ginjal Akut Pada Anak dan Tips Aman Konsumsi Obat dari Kemenkes

ILUSTRASI: Kenali gejala gagal ginjal akut pada anak dan cara mengatasi demam tanpa konsumsi obat.-Pixabay/Victoria_Watercolor-

"Sebagai alternatif, bisa menggunakan obat racikan atau puyer. Jika pun diperlukan menggunakan obat sirup, pastikan obat tersebut tidak masuk dalam daftar yang dilarang oleh Kemenkes," tambahnya, dalam tayangan Youtube Kelas Edukasi "Tips Aman Mengkonsumsi Obat dalam Polemik Gangguan Ginjal Akut pada Anak", Rabu, 9 November 2022. 

Dalam kesempatan itu, dokter Tatang juga menyampaikan ada beberapa cara untuk menurunkan demam anak tanpa harus mengonsumsi obat.

"Cobalah untuk mengompres dengan kain dan air hangat di bagian dahi, tangan. Selain itu, pastikan juga anak tetap terhidrasi dengan baik, jangan sampai kekurangan cairan."

BACA JUGA:Peluang Usaha di Kabupaten Tegal Luas, DPRD Dorong Generasi Z Berwirausaha

"Menyalakan AC (Air Conditioner) juga bisa dilakukan, serta pastikan sirkulasi udara di ruangan baik, jangan terlalu tertutup," jelasnya.

Dalam paparannya, dr. Tantang juga mengimbau para orang tua untuk memenuhi kebutuhan gizi dan vitamin anak.

Gak melulu dari vitamin sirup atau tablet yang beredar di pasaran, vitamin juga bisa didapat serta terpenuhi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. 

BACA JUGA:Video Kebaya Merah Dibuat di Surabaya Bukan Bali, Netizen: Eh Giliran Terkenal Malah Akunnya Deact

"Kebutuhan vitamin tidak hanya didapat dari sejumlah merek yang beredar di pasaran, tapi juga dari makanan dan minuman yang bergizi. Misalnya saja, susu," ujarnya.

Oleh karena itu, para orang tua diimbau untuk memperhatikan konsumsi makanan dan minuman bergizi pada anak.

Yang jelas, jangan panik dengan kasus gangguan gagal ginjal akut pada anak, justru jadilah orang tua yang cermat dalam menyikapinya. *

Sumber: