Layanan Kesehatan Dinkes Brebes di Evaluasi Diryankes Primer Kemenkes

Layanan Kesehatan Dinkes Brebes di Evaluasi Diryankes Primer Kemenkes

Kadinkes Brebes didampingi Asisten 1 dan Diryankes Kemenkes menyampaikan paparan evaluasi.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Layanan kesehatan primer dan jaminan kesehatan Kabupaten Brebes, menjalani pembinaan, pengawasan dan evaluasi, Rabu 31 Mei 2023. 

Hal itu, terungkap saat rombongan Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) melalui Direktorat Pelayanan Kesehatan ( Diryankes) Primer melaksanakan kegiatan Pembinaan, Pengawasan dan Pelaksanaan Evaluasi Pelayanan Kesehatan Primer Lain dan Jaminan Kesehatan.

Evaluasi tersebut, berlangsung dalam jaringan dan luar jaringan. Bertempat di aula kecil Kantor Dinkes, diikuti langsung secara virtual Dirjen Pelayanan Kesehatan Primer. 

Tampak hadir, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Prov Jateng, BPJS Kesehatan KC Tegal, Organisasi Profesi seperti IDI. PDGI, PPNI, IBI dan Puskesmas Se-Kabupaten Brebes.

BACA JUGA:Satu Anak di Brebes Meninggal Akibat DB, Dinkes Sebut Kasus Turun Namun Fatalitasnya Waspada

Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes dr. Obrin Parulian MKes mengungkapkan, rangkaian evaluasi pembinaan kesehatan utama lainnya serta asuransi kesehatan dipandu, diawasi, dan dievaluasi dengan benar. 

Fokusnya, memetakan kendala dan faktor yang menghambat layanan kesehatan. Sekaligus, memastikan layanan diberikan kepada orang dan pada waktu yang tepat dengan cara yang benar.

"Pengawasan ini, juga mengidentifikasi potensi masalah atau risiko yang terkait dengan layanan kesehatan primer," terangnya kepada Radar Tegal.

Dalam teknis pengawasan, lanjut Obrin, terdapat 6 pilar transformasi Kesehatan. Yakni, transformasi kesehatan primer yang konsentrasi pada layanan primer meliputi promotive dan preventif. 

BACA JUGA:GAWAT! 110 Bumil di Brebes Positif Hepatitis B dan 10 Tertular HIV

Sebab, upaya tersebut sangat penting dalam memastikan pelayanan mengambil langkah mengurangi risiko potensi masalah.

"Sehingga, dengan mengambil tindakan proaktif, dapat mencegah. Selain itu, tindakan pencegahan juga dapat membantu melindungi dari potensi masalah kesehatan, dan risiko lainnya," jelasnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Brebes melalui Asisten 1 Setda Khaerul Abidin menuturkan, bimbingan, pengawasan dan evaluasi layanan kesehatan primer lainnya dan asuransi kesehatan sangat penting. 

Khususnya, memastikan perawatan berkualitas dan keselamatan pasien. Sehingga, membantu memastikan bahwa sumber daya digunakan secara efisien dan efektif.

Sumber: