Iklan sukun new

Ferdy Sambo Disidang Etik pakai Pakaian Dinas Lengkap, Mabes Polri Dijaga Ketat Brimob

Ferdy Sambo Disidang Etik pakai Pakaian Dinas Lengkap, Mabes Polri Dijaga Ketat Brimob

DIJAGA - Gedung TNCC Mabes Polri tempat sidang etik Irjen Ferdy Sambo dijaga ketat, Kamis 25 Agustus 2022. (foto: jpnn)--

JAKARTA, radartegal.com - Sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap Irjen Ferdy Sambo saat ini sedang berlangsung di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri.

Ferdy Sambo diajukan sebagai tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Jelang sidang, lingkungan Mabes Polri mendapat penjagaan ketat petugas Brimob dan Provos Polri.

Pantauan pada pukul 07.30 WIB, sejumlah media dibatasi masuk ke dalam Mabes Polri, karena alasan belum dapat perintah untuk bisa masuk ke area tersebut. Utamanya yang mendekati arah Gedung Transnational Crime Center (TNCC) belakang Gedung Humas Polri.

Petugas Pelayanan Markas (Yanma) Polri yang bertugas beralasan mereka belum ada perintah untuk mengizinkan media masuk ke area Mabes Polri. Setelah berkoordinasi dengan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, petugas baru dapat mempersilakan media masuk area Mabes Polri dengan pendampingan petugas Provos dan Humas Polri.

Di dalam area Mabes Polri area Timur dekat Gedung TNCC telah berjaga-jaga petugas Brimob berpakaian loreng hijau dengan senjata laras panjang. Kendaraan taktis Brimob juga tampak disiagakan dekat gedung tersebut. Menurut petugas Provos, Irjen Ferdy Sambo telah berada di ruang sidang KKEP Gedung TNCC Lantai 1 sekitar pukul 07.30 WIB.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Nurul Azizah. "Iya," kata Nurul singkat sambil mengangguk.

Hingga berita ini diturunkan, media hanya dibolehkan tunggu di teras depan Gedung TNCC. Sesuai dengan keputusan, sidang etik dilaksanakan tertutup.

Namun, kata Nurul, pihak Humas Polri akan memfasilitasi media televisi untuk mengambil gambar pada saat pembukaan sidang pada pukul 09.00 WIB. Polri pada hari Kamis pukul 09.00 WIB menggelar sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) terhadap Irjen Pol. Ferdy Sambo.

Sidang tersebut dipimpin atau diketuai oleh perwira tinggi dengan pangkat jenderal bintang tiga (komjen). Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan Ketua KKEP yang akan memimpin jalannya sidang etik (KEPP) adalah Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Ahmad Dofiri. 

Irjen Ferdy Sambo akan menjalani sidang etik dari Komisi Kode Etik Polri (KKEP), Kamis 25 Agustus 2022 hari ini. Sidang etik itu disebut-sebut akan menentukan nasib Ferdy Sambo sebagai salah satu perwira tinggi Polri. 

Untuk memimpin sidang etik ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menunjuk Komjen Ahmad Dofiri sebagai ketua sidang komisi kode etik. Dofiri saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri.

Selain itu, dalam penanganan kasus pembunuhan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, peraih Adhi Makayasa Akpol 1989 itu menjadi anggota tim khusus (timsus). Sebelum menjadi orang nomor satu di bidang intelijen Polri saat ini, Dofiri sempat menjabat Kapolda Jawa Barat (Jabar).

Polisi yang berpengalaman di bidang SDM itu juga sempat menjabat Asisten Logistik Kapolri pada 2019. Selama perjalanan karier di kepolisian, Dofiri tercatat beberapa kali menduduki posisi penting, baik di tingkat Mabes Polri maupun polda.

Dofiri juga sempat menjadi ajudan Kapolri Jenderal (Purn) Timur Pradopo pada tahun 2010 lalu. Kemudian pada tahun 2016, Dofiri ditugaskan sebagai Kapolda Banten, sebelum akhirnya ditarik ke Mabes Polri untuk mengisi jabatan salah satu kepala biro di Divisi Hukum.

Sumber: