Prajurit Ketahuan Memakai Narkoba, Dandim Janji Akan Pecat Langsung

Prajurit Ketahuan Memakai Narkoba, Dandim Janji Akan Pecat Langsung

Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar berjanji akan memecat langsung anggota TNI yang ketahuan mengkonsumsi narkoba. 

Karena itu, prajurit diminta untuk menjauhi narkoba agar tidak mendapat teguran keras dari atasannya. 

Komandan Kodim 0712 Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, Selasa (24/11) didampingi Wakil Sementara (WS) Pasi Intel Kapten Inf Radiono, di sela-sela acara test urine di Markas Kodim mengatakan, dalam rangka pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, prajurit TNI Kodim 0712 Tegal menjalani tes urine. 

Adapun, jumlah prajurit dan PNS yang dites urine sebanyak 30 orang. Mereka dites tanpa diberitahu. Setelah mengikuti apel, para prajurit itu langsung diperintahkan dites urine.

"Tes urine ini kami lakukan secara rutin. Jadi kalau ada prajurit maupun PNS yang terindikasi mengkonsumsi narkoba, langsung kami beri sanksi tegas atau dipecat," katanya.

Dalam kegiatan itu, Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar melibatkan petugas kesehatan Rumkit Tk IV 04.07.01 Pagongan Tegal. Sementara untuk hasil tes urine dinyatakan negatif. 

Selain narkoba, semua prajurit TNI Kodim juga diminta menjadi pioner protokol kesehatan di masyarakat. Artinya, harus memberikan contoh kepada masyarakat untuk selalu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun. 

"Terapkan protokol kesehatan dengan baik agar terhindar dari virus corona," tambahnya.

Kegiatan seperti ini, menurutnya, akan rutin digelar tanpa memberitahukan pada anggotanya terlebih dahulu. Untuk itu, seluruh anggota Kodim harus menghindari narkoba agar tidak ingin mendapat sanksi tegas berupa pemecatan. (guh/ima)

Sumber: