Baru Seminggu Beroperasi, Galian C di Pemalang Ditutup Paksa Warga

Baru Seminggu Beroperasi, Galian C di Pemalang Ditutup Paksa Warga

Ratusan warga Desa Surajaya Kecamatan Pemalang menutup paksa aktivitas galian C penambangan pasir yang belum lama ini beroperasi. Mereka khawatir aktivitas penambangan yang berada di sebelah timur objek wisata tersebut dapat merusak alam.
 
Dalam video yang diunggah akun instagram pemalang.update, terlihat warga mendatangi lokasi galian pasir tersebut. Tidak hanya laki-laki, kaum wanita juga tampak berjubelan di sekitar penambangan.

Warga berdiri mengelilingi kubangan bekas galian. Sementara di bagian bawah, atau persis di kubangan itu, warga lain menancapkan spanduk yang tampak bertuliskan Galian Pasir Ditutup dan disambut riuh tepuk tangan. Perekam video itu juga sempat menyebutkan lokasi tersebut berada di sebelah timur Objek Wisata Religi Wippas Surajaya. 

Kepala Desa Surajaya Wasno saat dihubungi radartegal.com membenarkan adanya penutupan paksa galian C oleh warga yang mengatasnamakan diri Gerakan Surajaya Peduli Poros Hijau. Kejadian itu berlangsung Senin (23/11) kemarin.

"Galian pasir tersebut baru seminggu beroperasional tapi warga menolak. Awalnya dilakukan audiensi, tapi setelah itu warga mendatangi lokasi dan menutup galian," ujar Wasno. 

Menurut Wasno, warga menolak karena lokasi itu berada di dekat objek wisata. Namun, katanya, penutupan itu tidak bisa dilakukan sepihak karena harus melewati kajian-kajian dari dinas terkait yang membidangi. (sul/ima)

Sumber: