Mengenaskan! Sudah Lima Tahun Ruas Jalan di Pemalang Ini Tidak Tersentuh Perbaikan

Mengenaskan! Sudah Lima Tahun Ruas Jalan di Pemalang Ini Tidak Tersentuh Perbaikan

Kondisi jalan tingkat kabupaten yang menghubungkan Desa Bojongnangka- Wanamulya Kecamatan Pemalang rusak parah. Diketahui akses jalan tersebut selama ini dinilai cukup penting bagi warga.

Kerusakan di ruas jalan sepanjang kurang lebih 1,2 kilometer tersebut, hampir merata. Dari pantauan di lokasi, kondisi jalan dipenuhi lubang dengan kedalaman dan diameter bervariatif. Aspal juga sudah mengelupas. Musim hujan tampaknya makin memperparah kondisi jalan, kubangan air muncul di sana-sini tidak terhindarkan.

Kepala Desa Bojongnangka Wahmu membenarkan kerusakan jalan kabupaten yang berada di wilayahnya itu. Menurutnya, jalan tersebut selama ini digunakan untuk lalu lintas pertanian. 

Selain itu, para pelajar SMP Negeri 6 Pemalang dari Bojongnangka maupun Tambakrejo, juga melintasi jalan itu tiap kali menuju sekolah.

Meski demikian, pihaknya tidak dapat berbuat banyak. Sebab jalan tersebut menjadi wewenang DPU-TR Pemalang. Terakhir kali jalan mendapatkan perbaikan, menurutnya sudah lima tahun lalu. 

"Iya kondisi jalan rusak parah, terakhir diperbaiki sekitar tahun 2015- 2016," ujar Wahmu, Senin (23/11).

Setiap tahun, sambung Wahmu, pemerintah desa terus mengusulkan perbaikan jalan penting itu ke DPU-TR Pemalang. Namun sampai sekarang belum terwujud.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga DPU-TR Pemalang Joko Tri tidak menampik kondisi kerusakan di jalan itu. Menurutnya, untuk ruas jalan tersebut sekarang sudah masuk perencanaan perbaikan. 

"Tahun 2021, ada pemeliharaan di ruas jalan tersebut," katanya, singkat. (sul/ima)

Sumber: