Positif Covid-19, Warga Desa Mokaha Kabupaten Tegal Meninggal Dunia, 31 Orang Jalani Uji Swab

Positif Covid-19, Warga Desa Mokaha Kabupaten Tegal Meninggal Dunia, 31 Orang Jalani Uji Swab

Puluhan warga Desa Mokaha dan Penyalahan Kecamatan Jatinegara diswab tenaga medis Puskesmas Jatinegara. Hal ini imbas dari pasien Covid-19 asal Desa Mokaha yang meninggal dunia.

Sekcam Jatinegara Abdul Basit, Jumat (6/11) mengatakan, swab dilaksanakan karena ada warga yang positif dan meninggal dunia pada tanggal 30 Oktober 2020 di RSUD Dr Soeselo. 

Wanita berinisial M (51) tercatat sebagai warga Desa Mokaha RT 03 RW 01 Kecamatan Jatinegara. 

"Swab dilaksanakan di tiga tempat, Desa Mokaha, Penyalahan dan Puskesmas Jatinegara," katanya.

Jumlah warga yang diswab, tambah Abdul Basit, merupakan 
warga yang terdekat dengan almarhumah, termasuk dari keluarga, saudara dan tetangga. 

Swab rencananya dilakukan kurang lebih pada 57 orang tetapi yang bisa diambil hanya 31 orang. Untuk warga yang diambil di Puskesmas Jatinegara ada 8 orang. Sedangkan di Desa Penyalahan ada 4 warga dan 19 orang diambil swab di Desa Mokaha. 

"Alhamdulillah pengambilan swab berjalan dengan lancar. Semua yang diambil swab adalah orang yang kontak langsung ke almarhumah," tambahnya.

Petugas swab dari Puskesmas Jatinegara, lanjut Abdul Basit, juga didampingi petugas dari dinas kesehatan. Mengingat banyaknya warga yang diswab, sehingga tenaga medis yang dikerahkan cukup banyak. 

"Sambil menunggu hasil swab, Pemerintah Desa Mokaha akan melaksanakan edukasi Covid-19 ke warga masyarakat," pungkasnya. (guh/ima)

Sumber: